Tercatat 75 Kasus, Penderita DBD di Kota Pariaman Masih Tinggi


Rabu, 20 November 2019 - 00:46:07 WIB
Tercatat 75 Kasus, Penderita DBD di Kota Pariaman Masih Tinggi Plt Kadis Kesehatan Kota Pariaman, H.Syahrul

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM – Jika dibandingkan dengan tahun 2018 lalu, Kasus DBD di Kota Pariaman turun lima kasus yakni dari 80 kasus DBD di tahun 2018, kini hanya terjadi 75 kasus DBD per Januari sampai pertengahan November 2019.

"Meski turun lima kasus, namun secara global, kasus DBD di  Kota Pariaman masih terbilang tinggi. Pihak Dinkes Kota Pariaman, bersama masyarakat harus tetap hati-hati, jangan sampai terkena penyakit DBD," jelas Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman, Syahrul, Selasa (19/11).

Kondisi naik turun serangan DBD terhadap warga disamping pengaruh cuaca, juga faktor kebersihan lingkungan sangat berpengaruh pula, kata Syahrul didampingi Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Rio.

Kini cuaca lagi kemarau, jarang DBD, tapi jika hujan kemudian panas dan sering seperti itu perlu waspada dengan cara membersihkan tempat-tempat yang diduga bisa nyamuk DBD bersarang dan bertelur terutama di lingkungan tempat tinggal.

Kemudian, peran puskesmas dan kader kesehatan yang ada di desa, penting memberikan sosialisasi kepada warga dan kegiatan seperti itu jalan sampai sekarang.

Warga yang terkena DBD cepat mendapat pengobatan perawatan medis di rumah sakit, sembuh kembali. (h/tri)

 

loading...
Reporter : Trisnaldi /  Editor : Heldi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]