Keluarkan Pasaman dari Status Tertinggal, Ini Program Sabar AS Andai Jadi Bupati


Rabu, 20 November 2019 - 13:11:41 WIB
Keluarkan Pasaman dari Status Tertinggal, Ini Program Sabar AS Andai Jadi Bupati Sabar AS saat menghadiri pelatihan peningkatan mutu organisasi pemuda tahun 2019 di Lubuksikaping. YUDHI LUBIS

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM-Belum meratanya pembangunan infrastruktur, serta masih tingginya angka kemiskinan, pengangguran dan rendahnya indeks pembangunan manusia (IPM) di Kabupaten Pasaman menjadi keprihatinan tersendiri bagi anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Sabar AS. 

Untuk itu, berbagai terobosan besar akan ia lakukan untuk kemajuan Pasaman jika terpilih pada pemilihan kepala daerah (Pikada) Bupati dan Wakil Bupati pada 23 September 2020 mendatang. Meskipun sejumlah nama tenar digadang-gadang ikut berkompetisi pada pesta demokrasi lima tahunan tersebut. 

Kepada Haluan, Sabar AS  mengatakan keinginan dirinya maju dalam Pilkada Pasaman karena merasa terpanggil untuk membenahi kabupaten tersebut yang masih jauh tertinggal dibandingkan dengan kabupaten/kota lainnya di wilayah Sumatera Barat.

Menurut politisi Partai Demokrat ini Kabupaten Pasaman membutuhkan sosok pemimpin yang mampu memberikan solusi dari segala persoalan yang membelitnya dan membutuhkan kepemimpinan baru dengan terobosan yang besar agar mampu bangkit dan sejajar dengan daerah lain.

“Saya akan maju walaupun nantinya harus mundur sebagai anggota DPRD Sumatera Barat. Saya siap untuk hal tersebut. Saya siap mendharma bhaktikan diri ini untuk Pasaman tercinta,” katanya di Lubuksikaping, belum lama ini. 

Ia mengatakan untuk elektabilitas sendiri, dirinya mengatakan jumlah suaranya di Pasaman dalam pileg lalu sebesar 12 ribu dan jumlah itu cukup besar. Ia juga siap dipasangkan dengan sejumlah tokoh terbaik di kabupaten itu. 

“Saya tidak khawatir bersaing dengan sejumlah anggota DPRD Sumbar yang juga ikut dalam pemilu Pasaman. Masyarakat membutuhkan sosok baru yang lebih energik, berdedikasi dan memiliki terobosan besar,” katanya.

Menurut Sabar, Pasaman ke depan perlu pembenahan dari berbagai sektor. Perlu adanya konsepsi keadilan untuk mengurangi adanya ketimpangan pembangunan. Faktanya, beberapa kecamatan dan nagari di Pasaman masih jauh tertinggal.  

"Tertinggal, karena belum mendapat prioritas alokasi anggaran dan program. Untuk itu, konsepsi keadilan harus diterapkan di masa depan," ujarnya. 

Sabar mengatakan, bahwa Indek pembangunan manusia (IPM) disektor kesehatan, pendidikan dan ekonomi masih terbilang rendah. Oleh karena itu, kata dia, perlu dikejar dan income masyarakat harus meningkat.

"Untuk itu,  ini perlu ada keterpaduan dari berbagai sektor dan elemen guna  peningkatan kesejahteraan masyarakat ke depan," ujarnya. 

Bagaimana income masyarakat meningkat terus, kata Sabar, harus dengan cara mendayagunakan segala potensi yang ada. Termasuk sektor pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan. 

"Jika misalnya produktifitas petani ikan bisa kita tingkatkan, maka tentu produksi ikannya juga naik, ekonominya naik dan, maka tingkat kesejahteraan petani pun naik," katanya. 

Nah, seiring dengan itu, menurut Sabar, koneksitas, aksesibilitas antar berbagai nagari bahkan koneksitas dengan daerah lain perlu terus dipacu untuk memberikan daya dorong terhadap percepatan pembangunan di Pasaman. 

"Info dari Bupati Pasaman, tahun depan, Insyaallah konekting antara Pasaman dengan Padang Lawas. Saya rasa ini terobosan-terobosan seperti ini harus didorong dan perlu terus ditingkatkan," katanya. 

Demikian pula dengan jalan Rao-Rokan Hulu. Jika akses ini tembus, tentu akan memberikan daya dorong terhadap percepatan pembangunan di Pasaman. Begitu juga dengan Muaro Seilolo - Takus, Rokan Hulu. 

"Nah, dengan begitu Pasaman ini akan terbuka dari berbagai arah, serta akan menjadi tempat tujuan dan menjadi segi tiga emas," pungkasnya. 

Jika akses ini sudah terbuka, tentu daya saing harus didorong pula. Antara lain, di bidang kesehatan. Keberadaan dua rumah sakit, yakni RS Pratama di Padanggelugur dan RSUD Lubuk Sikaping harus ditingkatkan secara bertahap. 

"Kedua rumah sakit ini harus kita upgrade terus. Kita tingkatkan statusnya dari tipe D ke tipe C, C ke B demikian seterusnya. Sehingga apa, daerah tetangga yang mau berobat mau singgah di Pasaman, karena kita mempunyai daya saing," imbuhnya. 

Sebagai wakil rakyat Pasaman di DPRD Provinsi Sumatera Barat, ia meminta perlu adanya sinergisitas antara OPD daerah kabupaten,  provinsi dan pusat dalam rangka mewujudkan pembangunan di daerah penghasil ikan air tawar terbesar di Sumbar itu. 

Pasalnya, membangun daerah itu perlu kebersamaan. Selain kemampuan fiskal kabupaten, juga ditambah kemampuan anggaran alokasi dari provinsi demikian juga dengan pemerintah pusat. Selain itu, kemampuan untuk menggaet investor agar mau berinvestasi di daerah harus ditingkatkan. "Kita juga harus bisa merangkul, mengajak dan menggalang investasi bisa masuk ke daerah. Termasuk dukungan masyarakat. Dalam hal ini para perantau-perantau yang ada di berbagai daerah di Indonesia, agar care dan mau membangun daerahnya," tutup Sabar AS. (h/yud)


Reporter : YUDHI LUBIS /  Editor : Dodi


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 26 April 2015 - 19:51:13 WIB

    DPR Keluarkan Rekomendasi Sengketa Parpol

    JAKARTA, HALUAN — Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) memberikan rekomendasi kepada komisi Pemilihan Umum (KPU) terhadap perseteruan di internal Partai Golkar dan PPP.

    Salah satu isi rekomendasi tersebut meny.

  • Selasa, 21 April 2015 - 18:48:33 WIB

    DPR Dorong Pemerintah Keluarkan Tax Amnesty

    JAKARTA, HALUAN — DPR RI mendorong Pemerintah agar menyiapkan aturan ten­tang tax amnesty atau pengam­punan pajak yang bisa menarik kembali dana-dana milik ma­syarakat yang selama ini dipar­kir di lu.

  • Senin, 16 Maret 2015 - 20:00:33 WIB

    MUI Diminta Keluarkan Fatwa Haram

    NIKAH SIRI ONLINE MEREBAK

    BANDUNG, HALUAN — Majelis Ulama Indonesia (MUI) diminta untuk mengeluarkan fatwa haram terhadap nikah siri online. Selain itu pemerint.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM