Hendak Dibawa ke Dharmasraya, Puluhan Jeriken Tuak Diamankan Dalam Bus AKAP di Sijunjung


Kamis, 21 November 2019 - 17:05:32 WIB
Hendak Dibawa ke Dharmasraya, Puluhan Jeriken Tuak Diamankan Dalam Bus AKAP di Sijunjung Kapolsek Kamang Baru Iptu Efriadi beserta anggota saat mengamankan puluhan jerigen yang berisikan minuman keras jenis tuak di jalan lintas provinsi Sumbar-Riau Kecamatan Kamang Baru, Rabu (20/11).

SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM -- Jajaran Polsek Kamang Baru Polres Sijunjung berhasil mengamankan dua unit bus yang membawa minuman keras jenis tuak, Rabu (20/11) sekira pukul 12.00 WIB. Modus penyelundupan miras tersebut terungkap di kawasan Jalan Lintas Kiliran Jao – Teluk Kuantan yang menghubungkan Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Riau tepatnya di Jorong Batang Kering, Nagari Kamang, Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung.

Selain mengamankan 10 jeriken warna biru yang berisikan minuman keras tersebut, polisi juga berhasil mengamankan sopir bus Medan Jaya jurusan Medan – Jakarta berinisial RG (57), warga Taman Mula Sakti Indah, Desa Kaliabang Tengah, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat.

“Minuman keras tersebut ditemukan di bagasi bus saat tim kami menggelar patroli rutin di kawasan tersebut. Saat diperiksa, tim menemukan 10 jeriken berwarna biru yang berisi minuman keras jenis tuak," ujar Kapolres Sijunjung AKBP Driharto, Kamis (21/11).

Ditambahkan Kapolsek Kamang Baru, Iptu Efriadi, saat dilakukan pengembangan lebih lanjut, diketahui pemilik miras tersebut adalah seorang warga Jorong Sungai Tambang I, Nagari Kunangan Parik Rantang, Kecamatan Kamang Baru berinisial TH (57). “Saat tim melakukan pengembangan, kembali ditemukan miras jenis tuak di sebuah gudang sebanyak 20 buah jeriken," sebut Kapolsek.

Setelah itu, sebut Efriadi, sore harinya pada pukul 16.00 WIB, tim kembali melakukan pemeriksaan terhadap bus Medan Jaya yang lain di depan Mapolsek Kamang Baru, namun tim hanya menemukan bekas atau sisa cairan yang diduga miras jenis tuak.

“Ternyata minuman tuak tersebut telah dibuang di depan SPBU Parik Rantang sebanyak 9 jeriken dan menurut informasi yang kami dapatkan, minuman tuak sebanyak 9 jeriken tersebut akan diantarkan ke sebuah rumah makan di Kabupaten Dharmasraya,” lanjutnya.

Barang bukti puluhan jeriken berisi minuman jenis tuak tersebut saat ini diamankan di Mapolsek Kamang Baru, sementara itu sopir dikenakan sanksi teguran dan membuat surat pernyataan tidak akan mengulangi kembali perbuatannya tersebut. (*)


Reporter : Oghie /  Editor : Agoes Embun


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM