Kerja dari Rumah, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan


Kamis, 21 November 2019 - 17:38:39 WIB
Kerja dari Rumah, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan Ilustrasi

KESEHATAN, HARIANHALUAN.COM - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) rencananya akan menerapkan konsep smart office yang salah satu tindakannya adalah dengan tidak mewajibkan pegawai negeri sipil (PNS) atau aparatur sipil negara (ASN) datang ke kantor.

"Itu ada konsep ASN kan kalo kalian kerja ini lebih enak yang fleksibel kan, nah mungkin generasi-generasi di bawah kalian ke depan juga akan dengan cara-cara seperti itu jadi kenapa nggak kita akomodir," kata Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa seperti yang diberitakan detikcom, Rabu (20/11/2019).

Selain lebih fleksibel, ternyata kerja dari rumah atau di mana saja selain datang ke kantor memiliki beragam manfaat untuk kesehatan lho. Dikutip dari Fox News, berikut manfaat yang bisa dirasakan:

1. Stres berkurang

Kebanyakan orang yang harus bekerja ke kantor menjadi mudah stres karena perjalanan yang menguras tenaga, beban keuangan pada transportasi, atau beban biaya penitipan anak. Namun semua itu bisa teratasi jika karyawan bekerja di rumah.

Sebuah penelitian dalam Journal of Health Economics menemukan bahwa perjalanan ke dan dari tempat kerja berdampak negatif pada kesehatan mental wanita, terutama ibu yang memiliki anak usia pra sekolah. Terlebih lagi, 75-90 persen penyakit dipicu oleh stres.

2. Pola hidup menjadi lebih sehat

Orang yang bekerja ke kantor cenderung melewatkan sarapan, makan siang sambil bekerja, atau memesan makanan cepat saji untuk makan malam. Namun, jika Anda bekerja dari rumah, semua itu dapat berubah menjadi pola hidup yang lebih sehat.

"Anda memiliki lebih banyak pilihan untuk makan lebih baik ketika Anda mengendalikan lingkungan Anda, dan Anda berada di rumah," kata seorang pengusaha sekaligus mentor bisnis untuk wanita, Ali Brown.

Brown juga mengatakan bahwa dengan bekerja di rumah, Anda memiliki waktu lebih banyak untuk menyiapkan makanan sehat untuk keluarga. Ditambahkan dokter dari Boston Medical Center, dr Ash Nadkarni, orang yang bekerja di rumah lebih merasa bebas dalam mengatur waktu sehingga dapat mudah melakukan olahraga secara teratur dan beristirahat cukup. Mereka juga dapat lebih memerhatikan diri sendiri dan menjalani hidup lebih sehat.

3. Hidup seimbang

Kebanyakan kerja tidak baik untuk kesehatan, maka sangat penting menyeimbangkan antara kerja dan kehidupan lainnya. Salah satu caranya adalah dengan bekerja dari rumah. Menurut survei terbaru yang dilakukan oleh Staples Advantage, lebih dari 80 persen karyawan mengatakan bahwa mereka memiliki keseimbangan kehidupan kerja yang lebih baik karena bekerja dari rumah.(*)


 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 06 November 2019 - 16:39:45 WIB

    Ini Empat Langkah Mudah Hilangkan Ngantuk Saat Bekerja

    Ini Empat Langkah Mudah Hilangkan Ngantuk Saat Bekerja HEALTH, HARIANHALUAN.COM -- Sering merasa ngantuk saat bekerja? Jangan buru-buru bikin kopi atau minuman berenergi. Ada loh, cara alami yang bisa menghilangkan ngantuk Anda. .
  • Jumat, 25 Oktober 2019 - 19:19:03 WIB

    Hati-hati..! Kerja Lembur Bisa Bikin Botak

    Hati-hati..! Kerja Lembur Bisa Bikin Botak KESEHATAN, HARIANHALUAN.COM - Kamu mungkin sering mendengar bahwa orang-orang yang mengalami kerontokan rambut atau bahkan kebotakan biasanya karena mereka stres. Kini riset mengungkapkan, penyebab seseorang mengalami kebotak.
  • Senin, 21 Oktober 2019 - 09:30:02 WIB

    Yoga Tanpa Meninggalkan Meja Kerja? Bisa Kok, Begini Caranya

    Yoga Tanpa Meninggalkan Meja Kerja? Bisa Kok, Begini Caranya KESEHATAN, HARIANHALUAN.COM - Siapa bilang yoga hanya bisa dilakukan di atas matras? Yoga dengan alat bantu kursi hadir untuk membantu mereka yang ingin berolahraga tanpa repot menggelar alas..
  • Senin, 07 Januari 2019 - 13:33:08 WIB

    Kerja Sama RS-BPJS di Sumbar “Lanjut”

    Kerja Sama RS-BPJS di Sumbar “Lanjut” PADANG, HARIANHALUAN.COM –  Terhitung 1 Januari 2019, terdapat 65 Rumah Sakit (RS) yang tidak diperpanjang kerja samanya dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) karena tersangkut masalah akreditasi, yang menjadi k.
  • Kamis, 29 November 2018 - 19:26:18 WIB

    Donor Darah, Serikat Pekerja Semen Padang Kumpulkan 242 Kantong Darah 

    Donor Darah, Serikat Pekerja Semen Padang Kumpulkan 242 Kantong Darah  PADANG, HARIANHALUAN.COM- Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, Serikat Pekerja Semen Padang (SPSP) melakukan bakti sosial Donor Darah di lantai satu Gedung Serba Guna (GSG) PT Semen Padang, Kamis, (29/11)..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM