Bunga Bangkai ditemukan Warga Mekar di Air Dingin


Jumat, 22 November 2019 - 16:53:10 WIB
Bunga Bangkai ditemukan Warga Mekar di Air Dingin Bunga bangkai mekar di Kelurahan Air Dingin Kecamatan Lembah Segar Sawahlunto.
SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Sebuah Bunga Bangkai berukuran besar ditemukan mekar di Kelurahan Air Dingin, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto. Bunga dengan nama latin Amorophohallus Titanum itu ditemukan tidak sengaja oleh salah seorang warga, Juanjs (49) pada Senin (21/11) lalu.
 
Penemuan bunga bangkai itu dibenarkan oleh Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Lembah Segar Subandi. Kepada Haluan disebutkannya, bunga Amorphophallus Titanum ditemukan pertama kali oleh warga secara tidak sengaja, saat memperbaiki saluran air dibukit dekat rumahnya.
"Melihat bunga bangkai tersebut, Juanis mengurungkan niatnya membetulkan saluran air, akan tetapi memberitahukan kepada warga lain, kemudian jadi tontonan warga," ujarnya
 
Menurut, Subandi dari laporan tim di lapangan, ukuran Bunga Bangkai tersebut berukuran kurang lebih setinggi 1,5 meter dengan lebar 50 centimeter.
 
"Letaknya berada ditepi jurang, kami himbau agar warga berhati-hati saat menyaksikan bunga yang kategori langka ini," ujarnya.
 
Sementara itu, Lurah Air Dingin Syafni Arman menambahkan, turut bersyukur bunga bangkai tersebut bisa tumbuh didaerahnya. Syafni menilai, adanya bunga bangkai ini bisa menjadi atraksi wisata bagi wisatawan yang berkunjung, terlebih lokasinya juga tidak beberapa jauh dari kawasan kota tua dan puncak cemara.
"Warga jangan panik dengan tumbuhnya bunga langka itu. Beberapa waktu silam juga pernah ditemukan di daerah lainnya di Sawahlunto yang tidak jauh dari sini," katanya.
 
Sementara pantauan Haluan dilapangan, bunga serupa juga pernah ditemukan dibeberapa wilayah di Sawahlunto seperti di kawasan puncak cemara kelurahan saringan, kawasan desa wisata Rantih dan kelok cabe Muarokalaban. Bahkan untuk di kawasan puncak cemara, hingga saat ini masih ditemukan beberapa batang yang diyakini merupakan cikal daru bunga bangkai tersebut. (h/rki)

loading...
Reporter : Riki Yuherman /  Editor : Heldi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 10 Juni 2020 - 19:54:11 WIB

    Meski Pandemi Covid-19, PLN Sumbar Tetap Layani Sambungan Pelanggan Premium Baru

    Meski Pandemi Covid-19, PLN Sumbar Tetap Layani Sambungan Pelanggan Premium Baru HARIANHALUAN.COM - PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Padang menyambung listrik pelanggan premium daya 8,6 Juta VA untuk PT Padang Raya Cakrawala. Acara launching pelanggan premium tersebut digelar pada Rabu (10/6/2.
  • Selasa, 26 Mei 2020 - 23:45:28 WIB

    Tim Gabungan Bubarkan Warga yang Berkerumun di Siberut

    Tim Gabungan Bubarkan Warga yang Berkerumun di Siberut HARIANHALUAN.COM - Dalam rangka mencegah  penyebaran virus corona atau covid-19 di Kepulauan Mentawai, khususnya di Kecamatan Siberut Selatan, aparat Polisi, TNI dan Sat Pol PP setempat melakukan patroli membubarkan kerumuna.
  • Rabu, 29 April 2020 - 12:47:47 WIB

    Larangan Mudik, Belasan Ranmor Disuruh Putar Balik oleh Petugas Gabungan

    Larangan Mudik, Belasan Ranmor Disuruh Putar Balik oleh Petugas Gabungan PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Petugas gabungan dari Satlantas Polres Pasaman, TNI, Dishub dan Satpol PP Kabupaten Pasaman memperketat penjagaan di titik check point wilayah perbatasan Sumbar-Sumut di Muara Cubadak, Nagari Padan.
  • Senin, 20 April 2020 - 11:42:17 WIB

    Polres Pasaman Gelar Operasi Gabungan Penerapa PSBB

    Polres Pasaman Gelar Operasi Gabungan Penerapa PSBB PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Jajaran Kepolisian Resor (Polres)  Pasaman, Sumatera Barat, menggelar apel gabungan sebagai tindak lanjut penetapan status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) oleh Kementerian Kesehatan Republ.
  • Ahad, 19 April 2020 - 12:14:47 WIB

    Hindari Keramaian! Tim Gabungan Akan Patroli di Padang Pariaman

    Hindari Keramaian! Tim Gabungan Akan Patroli di Padang Pariaman PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Jajaran Polres Padang Pariaman dan Satpol-PP Padang Pariaman dilepas resmi Wakil Bupati Suhatri Bur dan Kapolres Padang Pariaman AKBP Zamroni Wibowo melakukan patroli pengawasan aktivitas m.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]