Bunga Bangkai ditemukan Warga Mekar di Air Dingin


Jumat, 22 November 2019 - 16:53:10 WIB
Bunga Bangkai ditemukan Warga Mekar di Air Dingin Bunga bangkai mekar di Kelurahan Air Dingin Kecamatan Lembah Segar Sawahlunto.
SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Sebuah Bunga Bangkai berukuran besar ditemukan mekar di Kelurahan Air Dingin, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto. Bunga dengan nama latin Amorophohallus Titanum itu ditemukan tidak sengaja oleh salah seorang warga, Juanjs (49) pada Senin (21/11) lalu.
 
Penemuan bunga bangkai itu dibenarkan oleh Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Lembah Segar Subandi. Kepada Haluan disebutkannya, bunga Amorphophallus Titanum ditemukan pertama kali oleh warga secara tidak sengaja, saat memperbaiki saluran air dibukit dekat rumahnya.
"Melihat bunga bangkai tersebut, Juanis mengurungkan niatnya membetulkan saluran air, akan tetapi memberitahukan kepada warga lain, kemudian jadi tontonan warga," ujarnya
 
Menurut, Subandi dari laporan tim di lapangan, ukuran Bunga Bangkai tersebut berukuran kurang lebih setinggi 1,5 meter dengan lebar 50 centimeter.
 
"Letaknya berada ditepi jurang, kami himbau agar warga berhati-hati saat menyaksikan bunga yang kategori langka ini," ujarnya.
 
Sementara itu, Lurah Air Dingin Syafni Arman menambahkan, turut bersyukur bunga bangkai tersebut bisa tumbuh didaerahnya. Syafni menilai, adanya bunga bangkai ini bisa menjadi atraksi wisata bagi wisatawan yang berkunjung, terlebih lokasinya juga tidak beberapa jauh dari kawasan kota tua dan puncak cemara.
"Warga jangan panik dengan tumbuhnya bunga langka itu. Beberapa waktu silam juga pernah ditemukan di daerah lainnya di Sawahlunto yang tidak jauh dari sini," katanya.
 
Sementara pantauan Haluan dilapangan, bunga serupa juga pernah ditemukan dibeberapa wilayah di Sawahlunto seperti di kawasan puncak cemara kelurahan saringan, kawasan desa wisata Rantih dan kelok cabe Muarokalaban. Bahkan untuk di kawasan puncak cemara, hingga saat ini masih ditemukan beberapa batang yang diyakini merupakan cikal daru bunga bangkai tersebut. (h/rki)


Reporter : Riki Yuherman /  Editor : Heldi


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 31 Juli 2019 - 16:37:00 WIB

    Menunggak, PDAM Pasaman Putuskan 2.000 Sambungan

    Menunggak, PDAM Pasaman Putuskan 2.000 Sambungan PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Dharma Kabupaten Pasaman, memutus ribuan sambungan pelanggan air bersih akibat menunggak pembayaran tagihan air di perusahaan milik Pemda Kabupaten Pasaman .
  • Ahad, 21 Juli 2019 - 16:09:12 WIB

    Kejari Tanah Datar Tabur Bunga di TMP Bahagia

    Kejari Tanah Datar Tabur Bunga di TMP Bahagia TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Rangkaian agenda Hari Ulang Tahun (HUT) Adhyaksa ke-59, Kejaksaan Negeri Tanah Datar menggelar upacara tabur bunga serta doa bersama di Taman Makam Pahlawan (TMP) Bahagia, Minggu (22/7)..
  • Senin, 27 Mei 2019 - 16:29:46 WIB

    260 Personel Gabungan Kota Sawahlunto Siap Amankan Lebaran

    SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM -- Kepolisian Resor Sawahlunto turunkan 90 personel dan didukung 170 instansi samping dalam pengamanan dan pelayanan Idul Fitri 1440 hijriah di Kota Sawahlunto. Selain itu, Polres Sawahlunto mendi.
  • Selasa, 21 Mei 2019 - 20:07:37 WIB

    Deklarasi Same Day Service, PLN Bukittinggi Layani Sambungan Baru dan Tambah Daya

    Deklarasi Same Day Service, PLN Bukittinggi Layani Sambungan Baru dan Tambah Daya BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM – PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Bukittinggi menggelar deklarasi same day service, Selasa (21/05) di Kantor PLN ULP Bukittinggi. Deklarasi tersebut dihadiri oleh Wakil Walikota Bukittinggi Ir.
  • Selasa, 21 Mei 2019 - 14:36:49 WIB

    Tim Gabungan Tertibkan Aksi Galian C Ilegal

    Tim Gabungan Tertibkan Aksi Galian C Ilegal PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Tim gabungan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Damkar Pessel melakukan penertiban usaha galian C ilegal di Bukit Putus Kampung Lubuk Pasing, Kenagarian Talaok Kecamatan Bayang, Selasa (20/5.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM