Presiden China Xi Jinping: Kami Tidak Takut Lawan AS


Jumat, 22 November 2019 - 17:16:47 WIB
Presiden China Xi Jinping: Kami Tidak Takut Lawan AS Ilustrasi

JAKARTA, HARINHALUAN.COM - Presiden China Xi Jinping angkat bicara soal perang dagang dengan lawannya, Amerika Serikat. Xi mengatakan bahwa China ingin mencapai kesepakatan dagang. Namun, ia kembali menegaskan bahwa China tidak takut untuk melawan jika memang diperlukan.

Sebetulnya, Xi jarang membuka mulut secara langsung terkait perang dagang. Respons Xi terdengar selang dua hari setelah Presiden AS Donald Trump mengeluhkan China, yang sejauh ini belum membuat keputusan apapun terkait perundingan dagang.

Dua negara dengan ekonomi terbesar di dunia ini tersandera perang dagang selama lebih dari satu tahun. Keduanya terlibat saling lempar melempar tarif barang hingga ratusan miliar dolar AS.

"Seperti yang selalu kami katakan, kami tidak ingin memulai perang dagang. Tetapi, kami tidak takut, ujar Xi kepada mantan pejabat AS dan pejabat asing lainnya pada pertemuan di Balai Rakyat, seperti dilansir AFP, Jumat (22/11).

Bahkan, Xi menegaskan akan melawan. "Kami telah berusaha untuk tidak melakukan perang dagang. Tetapi, kami tidak takut. Bila perlu, kami akan melawan," terang dia di hadapan eks menteri luar negeri AS Henry Kissinger, eks menteri keuangan AS Henry Paulson, dan mantan perdana menteri Australia Kevin Rudd.

Sekadar mengingatkan, pada 11 Oktober 2019 lalu, Trump mengumumkan rencana kesepakatan tahap pertama untuk menyelesaikan keluhan penting AS tentang perdagangan dan praktik mata uang China yang dinilai tak wajar.

Lebih dari sebulan kemudian, kedua belah pihak belum juga menyelesaikan teks perjanjian apapun. Namun, negosiator perdagangan kedua negara melanjutkan pembahasan lewat telepon. Keduanya mengklaim menemui titik terang mengenai kesepakatan awal.

Tak berselang lama, Presiden AS Donald Trump menolak mentah-mentah kabar tersebut. "Saya beritahu, China lebih suka membuat kesepakatan perdagangan saya. Saya beritahu, mereka belum mencapai kesepakatan yang saya inginkan," tegasnya.(*)
 


 Sumber : cnnindonesia /  Editor : NOVA


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 22 November 2019 - 07:46:24 WIB

    KAMMI Turki Menghadiri Pertemuan Mahasiswa Internasional dengan Presiden Kashmir

    KAMMI Turki Menghadiri Pertemuan Mahasiswa Internasional dengan Presiden Kashmir ANKARA,HARIANHALIAN.COM– Kashmir telah mengalami krisis politik sejak 5 Agustus 2019, ketika pemerintah India mencabut pasal 370 dalam konstitusinya yang menjamin status otonomi khusus wilayah mayoritas muslim Jammu dan Kas.
  • Senin, 28 Oktober 2019 - 10:21:38 WIB

    Petahana Terjungkal..! Fernández Presiden Terpilih Argentina

    Petahana Terjungkal..!  Fernández  Presiden Terpilih  Argentina JAKARTA,HARIANHALUAN.COM- Petahana Capres Argentina Mauricio Macri dijungkalkan dengan kemenangan telak  oleh penantangnya, Alberto  Fernández yang berhasil  maraup 47,48 persen suara. .
  • Ahad, 27 Oktober 2019 - 10:47:40 WIB

    Presiden Cile Bubarkan Pemerintahan, Apa yang Terjadi?

    Presiden Cile Bubarkan Pemerintahan, Apa yang Terjadi? SANTIAGO, HARIANHALUAN.COM - Presiden Cile Sebastian Pinera membubarkan seluruh kabinetnya pada Sabtu (26/10) setelah demonstrasi meluas. Dia kemudian membentuk pemerintahan baru dan memperkenalkan reformasi sosial yang dimin.
  • Ahad, 20 Oktober 2019 - 08:05:22 WIB

    Selundupkan Narkoba 200 Ton, Saudara Presiden Ini Dihukum di AS

    Selundupkan Narkoba 200 Ton, Saudara Presiden Ini Dihukum di AS JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pengadilan New York memvonis Tony Hernandez, yang merupakan saudara laki-laki Presiden Honduras Juan Orlando Hernandes, bersalah dalam kasus penyelundupan narkoba seberat total 200 ton..
  • Jumat, 18 Oktober 2019 - 17:55:08 WIB

    Astaga..! Presiden Trump Diejek Gara-gara Louis Vuitton

    Astaga..! Presiden Trump Diejek Gara-gara Louis Vuitton JOHNSON COUNTY, HARIANHALUAN.COM - Buat orang yang tak bisa berbahasa Prancis, mengucap nama merek dari negara tersebut memang susah-susah gampang. Bahkan merek yang sudah mendunia sekalipun seperti Louis Vuitton. Masih banya.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM