Presiden China Xi Jinping: Kami Tidak Takut Lawan AS


Jumat, 22 November 2019 - 17:16:47 WIB
Presiden China Xi Jinping: Kami Tidak Takut Lawan AS Ilustrasi

JAKARTA, HARINHALUAN.COM - Presiden China Xi Jinping angkat bicara soal perang dagang dengan lawannya, Amerika Serikat. Xi mengatakan bahwa China ingin mencapai kesepakatan dagang. Namun, ia kembali menegaskan bahwa China tidak takut untuk melawan jika memang diperlukan.

Sebetulnya, Xi jarang membuka mulut secara langsung terkait perang dagang. Respons Xi terdengar selang dua hari setelah Presiden AS Donald Trump mengeluhkan China, yang sejauh ini belum membuat keputusan apapun terkait perundingan dagang.

Dua negara dengan ekonomi terbesar di dunia ini tersandera perang dagang selama lebih dari satu tahun. Keduanya terlibat saling lempar melempar tarif barang hingga ratusan miliar dolar AS.

"Seperti yang selalu kami katakan, kami tidak ingin memulai perang dagang. Tetapi, kami tidak takut, ujar Xi kepada mantan pejabat AS dan pejabat asing lainnya pada pertemuan di Balai Rakyat, seperti dilansir AFP, Jumat (22/11).

Bahkan, Xi menegaskan akan melawan. "Kami telah berusaha untuk tidak melakukan perang dagang. Tetapi, kami tidak takut. Bila perlu, kami akan melawan," terang dia di hadapan eks menteri luar negeri AS Henry Kissinger, eks menteri keuangan AS Henry Paulson, dan mantan perdana menteri Australia Kevin Rudd.

Sekadar mengingatkan, pada 11 Oktober 2019 lalu, Trump mengumumkan rencana kesepakatan tahap pertama untuk menyelesaikan keluhan penting AS tentang perdagangan dan praktik mata uang China yang dinilai tak wajar.

Lebih dari sebulan kemudian, kedua belah pihak belum juga menyelesaikan teks perjanjian apapun. Namun, negosiator perdagangan kedua negara melanjutkan pembahasan lewat telepon. Keduanya mengklaim menemui titik terang mengenai kesepakatan awal.

Tak berselang lama, Presiden AS Donald Trump menolak mentah-mentah kabar tersebut. "Saya beritahu, China lebih suka membuat kesepakatan perdagangan saya. Saya beritahu, mereka belum mencapai kesepakatan yang saya inginkan," tegasnya.(*)
 


 Sumber : cnnindonesia /  Editor : NOVA


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 19 Januari 2020 - 13:53:54 WIB

    Astaga! Nama Presiden Xi Jinping jadi Mr S***hole di Facebook

    Astaga! Nama Presiden Xi Jinping jadi Mr S***hole di Facebook JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Facebook Inc. meminta maaf atas pelanggaran yang disebabkan kesalahan teknis pada Sabtu lalu (18/1/2020) ketika nama pemimpin China, Presiden Xi Jinping diartikan sebagai "Mr Shithole" dalam unggah.
  • Rabu, 15 Januari 2020 - 17:26:03 WIB

    Duh Malunya..! Presiden Guatemala Jimmy Morales Dilempari dengan Telur Busuk

    Duh Malunya..! Presiden Guatemala Jimmy Morales Dilempari dengan Telur Busuk CITY, HARIANHALUAN.COM- Presiden Guatemala Jimmy Morales harus menikmati rasa malu  luar biasa ketika  dilempari  dengan telur  oleh sejumlah aktivis..
  • Sabtu, 11 Januari 2020 - 17:03:28 WIB

    Pernyataan Lengkap Presiden Iran soal Salah Tembak Pesawat

    Pernyataan Lengkap Presiden Iran soal Salah Tembak Pesawat JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Presiden Iran Hassan Rouhani menyesalkan insiden salah tembak rudal ke pesawat Ukraina dengan nomor penerbangan PS752 yang menewaskan 176 penumpang dan kru. Rouhani juga berjanji akan terus menyeli.
  • Selasa, 31 Desember 2019 - 18:03:45 WIB

    Sultan Brunei Sindir Pedas Presiden Jokowi, Benarkah?

    Sultan Brunei Sindir Pedas Presiden Jokowi, Benarkah? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Beredar video di media sosial yang menyebut Sultan Brunei Darussalam, Hassanal Bolkiah memberikan sindiran pedas kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Video tersebut disebarkan oleh akun Facebook A.
  • Rabu, 25 Desember 2019 - 13:59:02 WIB

    Viral Tom Cruise Mau Jadi Presiden 2020

    Viral Tom Cruise Mau Jadi Presiden 2020 JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Sebuah video yang yang menunjukan Tom Cruise tengah berlari tiba-tiba viral. Bukan tanpa alasan, video tersebut memang terlihat jenaka..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM