Hadapi Revolusi 4.0, Pariaman Dituntut Cetak 10 Ribu Pengusaha Muda


Ahad, 24 November 2019 - 17:13:48 WIB
Hadapi Revolusi 4.0, Pariaman Dituntut Cetak 10 Ribu Pengusaha Muda SANDIAGA Uno didampingi Wakil Gubernur Sumbarn Nasrul Abir saat berada di Kota Pariaman yang mengikuti Pariaman Internasional Triathlon, Sabtu (23/11/2019). IST

PADANG, HARIANHALUAN.COM -  One Kecamatan, One Center of Entrepreneurship (OK OCE) hadir di Sumatera Barat dalam rangka menggerakkan ekonomi, menciptakan lapangan kerja serta mencetak wirausaha wirausaha baru terutama dalam memasuki era Revolusi Industri 4.0. Apalagi 92,12 persen Masyarakat di provinsi itu aktif dalam kegiatan UMKM di Sumbar.

"Kemandirian di Sumbar terlihat dari banyaknya masyarakat yang berwirausaha. Kita lihat dari 92,12 persen tersebut 87 persen masyarakat melakukan usaha mikro, 12 persen usaha kecil dan 0,12 persen menengah, kita hanya tinggal membantu pelatihan dan pendampingan," ujar Founder OK OCE, Sandiaga Uno saat penandatanganan kerjasama (MoU) antara OK OCE dengan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Sabtu (23/11/2019).

Melalui Industri 4.0, pengusaha muda yang pernah menjadi calon wakil presiden pada pemilu 2019 lalu ini berpendapat, akan mempermudah generasi milenial untuk mengembangkan dan memasarkan seluruh produk yang dihasilkan. Selain itu kata Sandi, era industri 4.0 juga menjawab tantangan para pengusaha muda.

"Sekarang kebutuhan semakin murah atau mahal, hampir semua kebutuhan naik. Kalau semua naik, maka harus ada peningkatan pendapatan. Salah satunya dengan cara berwirausaha," kata Sandiaga Uno.

Selain melakukan seminar bersama Gubernur Sumbar, Sandiaga Uno juga bertandang ke Pariaman sebagai pembicara Seminar Nasional Kewirausahaan di kampus Institut Agama Islam Sumatera Barat.

Usai kegiatan itu, Sandi berharap, Kota Pariaman dapat mencetak 10 ribu pengusaha muda, agar dapat serta ikut mensejahterakan bangsa di masa yang akan datang. Sebab, wirausaha menurut Sandi, adalah salah satu cara untuk menjawab problem kenaikan harga kebutuhan pokok.

"Saya harap, Pariaman dapat mencetak 10 ribu pengusaha muda. You Can Do It," ujar mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

Lebih lanjut, kata Sandi, tidak perlu diragukan lagi di Sumbar ini tempatnya para wiraswasta. Sandi juga menyebutkan, terkait iven Pariaman Internasional Triathlon yang berlangsung sekarang ini, bisa dikatakan sport tourism atau wisata olahraga.

"Karena kegiatan ini, pariwisata yang menggabungkan kegiatan berolahraga. Kemudian dengan adanya kegiatan ini, ada dua manfaat yang bisa didapat. Pertama, keindahan alam Kota Pariaman, dan kedua hidup sehat," tukasnya. (h/mil)

 

 

loading...
Reporter : Milna /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]