Sejumlah Kafilah MTQ 2020 Ancam Mundur, Kok Bisa?


Senin, 25 November 2019 - 19:33:31 WIB
Sejumlah Kafilah MTQ 2020 Ancam Mundur, Kok Bisa? Ilustrasi

 

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Sejumlah kafilah yang akan bertanding pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) 2020 mendatang mengancam untuk mundur. Hal tadi dikarenakan, adanya indikasi ketidak adilan yang diterima oleh para kafilah dari Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Sumbar.

"Tadi (kemarin,red) sejumlah kafilah yang akan masuk dalam kontingen mendatangi DPRD Sumbar untuk mengadukan nasib. Pengaduan itu dikarenakan, mereka merasa tidak mendapatkan keadilan dan adanya upaya LPTQ memasukan orang luar Sumbar sebagai yang mewakili daerah di MTQ 2020," ujar Anggota Komisi V DPRD Sumbar Novrizon   Senin (25/11).

Menurut Nofrizon, persoalan ini mencuat setelah para kafilah yang ada tadi mengadu pada Ketua DPRD Sumbar, Supardi, dari Supardi hal ini dikordinasikan dengan Nofrizon dan anggota Komisi V lain yang membidangi MTQ.

"Menindaklanjuti ini, kita akan memanggil LPTQ pada Rabu mendatang, pertemuan harus terbuka dan bisa diliput awak media. Jika tidak, saya tidak segan untuk walk out dari forum itu," tegasnya.

Dia mengatakan di MTQ 2020 yang segera digelar, Sumbar bertindak sebagai tuan rumah, karena itu kontingen hendaknya juga harus diisi dengan kafilah yang merupakan putra daerah.

"Jangan sampai diambilkan dari daerah lain hanya demi mewujudkan prestasi yang instan," tegasnya. 

Ia melanjutkan, kafilah yang mendatangi DPRD Sumbar kemarin siang merupakan seniman kaligrafi Alquran yang berjumlah sebanyak 12 orang, mereka adalah juara MTQ tingkat provinsi yang diadakan beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Dede perwakilah para kafilah mengatakan, upaya  pengunduran diri yang  dilakukan sejumlah kafilah disebabkan mereka tidak tahan dengan perlakukan oknum LPTQ. 

Beberapa bulan terakhir, jelas dia, para kafilah mengikuti seleksi untuk MTQ Nasional ini. Namun, setiap kali seleksi demi seleksi dilalui, ada kejanggalan-kejanggalan yang membuat kafilah gelisah, salah satunya adalah, dimasukkannya orang luar Sumbar untuk mewakili daerah ini sebagai kafilah. 

"Jika dibiarkan, itu artinya kafilah Sumbar nantinya akan didominasi oleh orang luar Sumbar," tukas Dede. (h/len)


Reporter : Leni /  Editor : Heldi


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 12 Desember 2019 - 16:18:53 WIB

    Gebyar ICBS 2019 Diwarnai Sejumlah Lomba

    Gebyar ICBS 2019 Diwarnai Sejumlah Lomba PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Masih dalam rangka milad ke 10 Insan Cendekia Boarding School (ICBS) Payakumbuh atau Gebyar ICBS 2019, ICBS menggelar lomba Tahfiz dan Olimpiade Sains untuk tingkat SD se-provinsi Riau. Lomba b.
  • Kamis, 05 Desember 2019 - 08:59:25 WIB

    Luar Biasa, Sejumlah OPD di Dharmasraya Raih Kategori Informatif

    Luar Biasa, Sejumlah OPD di Dharmasraya Raih Kategori Informatif PULAUPUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Guna mendongkrak kinerja badan publik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Dharmasraya dalam pelaksanaan keterbukaan informasi, PPID Utama Pemerintah Kabupaten Dharmasraya melakukan penilaian in.
  • Sabtu, 16 November 2019 - 18:57:46 WIB

    BNN Kota Sawahlunto Tes Urine Sejumlah Wartawan

    BNN Kota Sawahlunto Tes Urine Sejumlah Wartawan SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Sawahlunto lakukan tes urin sejumlah wartawan yang tergabung dalam organisasi profesi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Tes urin dilakukan di Kantor PWI .
  • Kamis, 18 Juli 2019 - 15:43:14 WIB

    Sejumlah Jalan Provinsi di Sawahlunto Akan Naik Status

    Sejumlah Jalan Provinsi di Sawahlunto Akan Naik Status SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Mendukung warisan pertambangan batubara Ombilin Sawahlunto yang ditetapkan UNESCO sebagai warisan budaya dunia (heritage world), Pemerintah Provinsi Sumatera Barat siap membantu dengan pembenaha.
  • Jumat, 21 Juni 2019 - 17:18:24 WIB

    DPRD Dukung Pengaktifan Sejumlah Jalur Kereta Api di Sumbar 

    PADANG, HARIANHALUAN.COM - Wacana pengaktifan kembali  jalur rel kereta api Padang-Padangpanjang-Bukittinggi-Payakumbuh mendapat dukungan dari DPRD Sumbar. Pengaktifan itu, dinilai akan berdampak pada banyak sektor. Mulai da.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]ianhaluan.com
APP HARIANHALUAN.COM