Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, Seniman Minang Sarankan Perbanyak Iven 


Senin, 25 November 2019 - 21:29:54 WIB
Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, Seniman Minang Sarankan Perbanyak Iven  Dani Fajrul Arisyi. (Yesi)

PADANG,HARIANHALUAN.COM- Seniman minang yang juga Mahasiswa Tata Kelola Seni Pascasarjana ISI Yogyakarta, Dani Fajrul Arisyi melihat potensi wisata di Sumbar (yang biasa dikenal dengan ranah minang), cukup besar dan menjanjikan.

Dikatakan Dani, penyumbang devisa negara yang cukup besar, sektor pariwisata dan industri kreatif harusnya lebih dimaksimalkan lagi.

"Tak dapat dipungkiri sektor pariwisata dan industri kreatif jadi penyumbang devisa negara yang cukup besar. Oleh karenanya, dewasa ini, pemerintah mulai gencar mengembangkan sektor pariwisata dan industri kreatif, yang juga membuat seniman giat berkesenian," ungkap Dani.

Atmosfer iven di Sumbar pun, dikatakan Dani sudah mulai banyak meskipun belum stabil.

"Kadang yang muncul tak sedikit pula yang tenggelam. Padahal iven -iven dibutuhkan oleh pegiat seni sebagai wadah bagi seniman untuk menuangkan karya. Konsep wadah yang disediakan pemerintah kota Padang inilah yang dibutuhkan para seniman," jelasnya.

Dani menambahkan, padahal Dinas Pariwisata sangat memungkinkan untuk mengemas seni pertunjukan lebih bagus dan menarik.

"Sebutlah Kota Padang, walau sudah ada Festival Siti Nurbaya, tapi masih bisa dibilang lumayan tertinggal dengan Kabupaten/Kota yabg berada di provinsi lain dalam iven pariwisatanya. Misalnya Kab. Lima puluh kota punya iven pasa harau, Pariaman punya pasa tabuik. Harusnya ada terobosan-terobosan yang lebih banyak di Kota Padang," kata dia.

Dani menilai, Sumbar tak kekurangan seniman untuk menciptakan berbagai pertunjukan-pertunjukan yang mampu mengundang wisatawan.

"Seniman-seniman Minang cukup mahsyur, ada koreografer Ery Mefry yang membuat ladang tari nan jombang, seniman teater muda Mahatma yang mendirikan komunitas teater Nan Tumpah, dan masih banyak lagi," ungkapnya.

Lebih lanjut, ia menegaskan jika pengeloaan sektor pariwisata dan industri kreatif melalui iven-iven yang dikemas secara menarik bisa dimaksimalkan, bukan tidak mungkin wisatawan lokal dan mancanegara semakin tertarik berkunjung ke ranah minang. (h/mg-yes)
 


Reporter : YESI /  Editor : Dodi


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 01 Mei 2019 - 16:12:28 WIB

    Tingkatkan Kunjungan Wisata, Pemkab Pessel Bangun Pujasera di Pantai Carocok

    Tingkatkan Kunjungan Wisata, Pemkab Pessel Bangun Pujasera di Pantai Carocok PAINAN, HARIANHALUAN.COM – Untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat dan geliat pariwisata di Pesisir Selatan, pemerintah setempat bakal membangun sarana Pusat Jajanan Serba Ada (Pujasera) di kawasan Pantai Carocok Pai.
  • Selasa, 13 Desember 2016 - 00:49:19 WIB

    Polda Kepri Tingkatkan Pengamanan

    Batam, Haluan — Kepo­lisian Daerah Kepulauan Riau meningkatkan pengamanan de­ngan menambah personel patroli menyusul penemuan bom di Bintara Jaya, Bekasi, Jawa Barat, yang akan diledakkan oleh ke­lompok teroris di Istan.
  • Rabu, 01 Juni 2016 - 03:33:33 WIB
    Tekan Penyelundupan

    Dirjen BC Tingkatkan Kerja Sama dengan Singapura

    Dirjen BC Tingkatkan Kerja Sama dengan Singapura BATAM, HALUAN – Untuk menekan maraknya aksi penyeludupan di Wilayah Kepri, Presiden RI Joko Widodo memerintahkan Direktorat Jendral Bea dan Cukai (Dirjen BC) Indonesia, melakukan kesepakatan kerja sama dengan Singapore Cust.
  • Rabu, 01 Juni 2016 - 03:32:38 WIB

    Gubri Berharap Restorasi Gambut Tingkatkan Sosial Ekonomi

    Gubri Berharap Restorasi Gambut Tingkatkan Sosial Ekonomi PEKANBARU, HALUAN — Gubernur Riau Arsyadjuliandi (Andi) Rachman, meminta aksi restorasi gambut yang dipra­karsai Badan Restorasi Gambut Indonesia bisa meningkatkan sosial ekonomi masyarakat di Provinsi Riau, khususnya untu.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM