Begini Reaksi Warga atas Divonisnya Dua Pastor Pelaku Kekerasan Seksual


Selasa, 26 November 2019 - 11:44:57 WIB
Begini Reaksi Warga atas Divonisnya Dua Pastor Pelaku Kekerasan Seksual Keluarga korban dan aktivis menangis dan berpelukan di dalam ruang persidangan setelah hakim menjatuhkan putusan di Mendoza, Argentina. (REUTERS)

ARGENTINA, HARIANHALUAN.COM-Pengadilan di Argentina menjatuhkan hukuman penjara selama lebih dari 40 tahun kepada dua pastor Katolik Roma karena melakukan kekerasan seksual terhadap anak-anak tunarungu di sekolah gereja. Bagaimana reaksi Masyarakat?

Dilansir bbc.com pada Selasa (26/11/2019),  pengadilan di provinsi Mendoza menjatuhkan hukuman penjara 45 tahun kepada Corbacho, yang merupakan seorang pastor di Argentina. Laki-laki berusia 59 tahun itu dinyatakan bersalah melakukan pelecehan seksual terhadap anak-anak di Instituto Antonio Provolo de Mendoza di kota Luján de Cuyo.

Sedangkan Corradi, pria berkebangsaan Italia berusia 83 tahun, dijatuhi hukuman 42 tahun penjara. Ia pernah diselidiki atas tuduhan pelecehan di salah satu sekolah institut tersebut di Verona, Italia, pada 1970-an, tetapi tidak pernah didakwa. Sedangkan Armando Gómez, tukang kebun di sekolah Luján de Cuyo, dipenjara selama 18 tahun.

Tak satu pun dari terdakwa berkomentar setelah hukuman dibacakan.

Tidak Tabu Lagi

Apa reaksi masyarakat? Dilansir bbc, berapa ibu korban yang hadir di ruang sidang tampak menangis dan saling berpelukan.

Sementara itu, kerumunan orang di luar gedung pengadilan, kebanyakan anak muda, bersorak-sorai menyambut vonis hakim.

"Anda tidak tahu betapa pentingnya hal ini bagi kami, dan bagi dunia," kata Ariel Lizárraga, ayah dari salah seorang korban, seperti dikutip surat kabar Washington Post.

"Gereja telah berusaha menyembunyikan pelanggaran ini. Tetapi para pastor ini memperkosa dan melecehkan anak-anak kami. Anak-anak kita yang tunarungu! "

"Mulai hari ini, tidak ada lagi tabu dalam menuduh para pastor," katanya.(bbc)

 Sumber : bbc.com /  Editor : dodi

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]