Kafilah MTQ 2020 Mengadu ke DPRD Sumbar, Nofrizon: Diduga LPTQ akan Masukan Orang Luar Provinsi


Selasa, 26 November 2019 - 12:11:07 WIB
Kafilah MTQ 2020 Mengadu ke DPRD Sumbar, Nofrizon: Diduga LPTQ  akan Masukan Orang Luar Provinsi Nofrizon: Diduga LPTQ Sumbar akan Masukan Orang Luar Provinsi. (LENI)

PADANG,HARIANHALUAN.COM- Sejumlah kafilah yang akan bertanding pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) 2020 mendatang mengancam untuk mundur. Hal tadi dikarenakan, adanya indikasi ketidak adilan yang diterima oleh para kafilah dari Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Sumbar.

"Tadi (kemarin,red) sejumlah kafilah yang akan masuk dalam kontingen mendatangi DPRD Sumbar untuk mengadukan nasib. Pengaduan itu dikarenakan, mereka merasa tidak mendapatkan keadilan dan adanya upaya LPTQ memasukan orang luar Sumbar sebagai yang mewakili daerah di MTQ 2020," ujar Anggota Komisi V DPRD Sumbar Nofrizon,   Senin (25/11).

Menurut Nofrizon, persoalan ini mencuat setelah para kafilah yang ada tadi mengadu pada Ketua DPRD Sumbar, Supardi, dari Supardi hal ini dikordinasikan dengan Nofrizon dan anggota Komisi V lain yang membidangi MTQ.

"Menindaklanjuti ini, kita akan memanggil LPTQ pada Rabu mendatang, pertemuan harus terbuka dan bisa diliput awak media. Jika tidak, saya tidak segan untuk walk out dari forum itu," tegasnya.

Dia mengatakan di MTQ 2020 yang segera digelar, Sumbar bertindak sebagai tuan rumah, karena itu kontingen hendaknya juga harus diisi dengan kafilah yang merupakan putra daerah.

"Jangan sampai diambilkan dari daerah lain hanya demi mewujudkan prestasi yang instan," tegasnya. 

Ia melanjutkan, kafilah yang mendatangi DPRD Sumbar kemarin siang merupakan seniman kaligrafi Alquran yang berjumlah sebanyak 12 orang, mereka adalah juara MTQ tingkat provinsi yang diadakan beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Dede perwakilah para kafilah mengatakan, upaya  pengunduran diri yang  dilakukan sejumlah kafilah disebabkan mereka tidak tahan dengan perlakukan oknum LPTQ. 

Beberapa bulan terakhir, jelas dia, para kafilah mengikuti seleksi untuk MTQ Nasional ini. Namun, setiap kali seleksi demi seleksi dilalui, ada kejanggalan-kejanggalan yang membuat kafilah gelisah, salah satunya adalah, dimasukkannya orang luar Sumbar untuk mewakili daerah ini sebagai kafilah. 

"Jika dibiarkan, itu artinya kafilah Sumbar nantinya akan didominasi oleh orang luar Sumbar," tukas Dede. (h/len)


Reporter : LENI MARLINA /  Editor : Dodi


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 25 November 2019 - 19:33:31 WIB

    Sejumlah Kafilah MTQ 2020 Ancam Mundur, Kok Bisa?

    Sejumlah Kafilah MTQ 2020 Ancam Mundur, Kok Bisa? PADANG, HARIANHALUAN.COM - Sejumlah kafilah yang akan bertanding pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) 2020 mendatang mengancam untuk mundur. Hal tadi dikarenakan, adanya indikasi ketidak adilan yang diterima oleh para kafilah.
  • Jumat, 08 November 2019 - 16:18:59 WIB

    260 Kafilah Ikuti MTQ ke-45 Tingkat Kecamatan Lembah Segar

    260 Kafilah Ikuti MTQ ke-45 Tingkat Kecamatan Lembah Segar SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Musabaqah Tilawatil Alquran (MTQ) Nasional ke 45 tingkat Kecamatan Lembah Segar resmi ditabuh, 8 - 9 November 2019 di Kelurahan Kubang Sirakuk Selatan. Dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Sa.
  • Senin, 09 September 2019 - 14:32:45 WIB

    Kafilah MTQ ke-38 Sijunjung Terima Bonus dari Pemkab

    Kafilah MTQ ke-38 Sijunjung Terima Bonus dari Pemkab SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Kafilah Kabupaten Sijunjung yang berhasil meraih prestasi pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Sumatera Barat ke-38, di Kota Solok menerima bonus dari Pemerintah Kabupaten Sijunj.
  • Jumat, 21 Juni 2019 - 12:03:51 WIB

    Menang di MTQ Sumbar, Kafilah Solok Selatan Bakal Diberangkatkan Umrah

    Menang di MTQ Sumbar, Kafilah Solok Selatan Bakal Diberangkatkan Umrah SOLSEL, HALUAN.COM- Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat akan memberangkatkanumroh dan bonus tabanas kepada kafilah MTQ yang berhasil menjadi pemenang pada MTQ ke-38 tingkat Sumbar yang dilaksanakan di Kota Solo.
  • Rabu, 19 Juni 2019 - 15:59:00 WIB

    12 Orang Kafilah Bukitinggi Masuk Final

    12 Orang Kafilah Bukitinggi Masuk Final BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - 12 orang kafilah Kota Bukittinggi lolos memasuki babak final pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ ) Nasional ke-38 tingkat Propinsi Sumbar di Kota Solok. Kafilah yang masuk final ini mewakili be.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM