SAH! Anies Baswedan Jadi Ketum APPSI, Ridwan Kamil Kalah


Selasa, 26 November 2019 - 00:31:25 WIB
SAH! Anies Baswedan Jadi Ketum APPSI,  Ridwan Kamil  Kalah Sah, Anies Baswedan Ketua Umum Terpilih APPSI periode 2019-2023 menerima estafet dari Ketum yang lama. Ist. Ist

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM-Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan, resmi terpilih menjadi Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) periode 2019-2023. Pada  Selasa  malam, Anies mendulang suara terbanyak  dari dua Caketum, Ridwan Kamil dan Isran Noor.

Anies dipilih sebagai Ketum APPSI dalam kegiatan Musyawarah Nasional VI APPSI tahun 2019 di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (26/11).

Sebelum dipilih, Anies diusulkan  maju ke pemilihan bersama Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Kemudian, pemilihan diserahkan ke forum. Mereka yang berhak memilih adalah gubernur atau wakil gubernur yang hadir langsung dan tidak diwakilkan oleh pejabat lainnya. 

Dari 23 yang punya hak pemilihan. Hanya satu suara yang abstain dan 22 suara dinyatakan sah.Pada pemilihan ini, Anies menang telak dalam perolehan suara.

Anies menggantikan ketua umum APPSI sebelumnya yaitu Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola. 

"Teman-teman di APPSI, para gubernur,  mempercayakan kami untuk menjadi Ketua APPSI 2019-2023, dan saya sampaikan kepada semua, ini adalah sebuah kehormatan dan saya istilahkan fardhu kifayah, kalau sudah ada yang mengerjakan saya terbebas tapi karena dititipkan Insya Allah saya jalankan dengan sebaik-baiknya," kata Anies.

APPSI dideklarasikan oleh Gubernur seluruh Indonesia pada 6 Juni tahun 2000 lalu di Jakarta. Anggota APPSI adalah Pemerintah Provinsi yang diwakili oleh Gubernur.

APPSI merupakan wadah interaksi kepemimpinan pada tingkat nasional. 

Tujuannya mewujudkan pemerintahan daerah yang bersih, efektif, percaya diri, kreatif, bertanggungjawab dan berkomitmen membangun pemahaman yang sama dan tajam tentang bagaimana seharusnya Pemerintah Provinsi dikelola dan potensi daerah yang menyebar di seluruh Provinsi di Indonesia diarahkan untuk kemajuan dan kejayaan bangsa.

Sebelumnya, Munas APPSI ini  dibuka Mendagri Tito Karnavian yang sempat membandingkan kondisi Kota Jakarta dengan kota di Cina sekarang. (dn/cnni)

 Sumber : CNNI /  Editor : DODI NJ

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 22 Mei 2020 - 19:14:55 WIB

    Sah! Pemerintah Tetapkan Idul Fitri 1441 H Jatuh pada Minggu 24 Mei 2020

    Sah! Pemerintah Tetapkan Idul Fitri 1441 H Jatuh pada Minggu 24 Mei 2020 HARIANHALUAN.COM -  Kementerian Agama menetapkan 1 Syawal 1441 Hijriah atau Idul Fitri jatuh pada 24 Mei 2020. Ketetapan itu diputuskan dalam sidang isbat yang dihadiri MUI hingga Komisi VIII DPR..
  • Jumat, 01 Mei 2020 - 08:13:38 WIB

    Sah! Mulai Hari Ini Iuran BPJS Kesehatan Turun, Berikut Rinciannya

    Sah! Mulai Hari Ini Iuran BPJS Kesehatan Turun, Berikut Rinciannya JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Mulai 1 Mei 2020, iuran peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) untuk segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP) akan kembali ke biaya sem.
  • Selasa, 21 April 2020 - 08:36:38 WIB

    Resah! Honorer Tunggu Ketidakpastian THR dari Sumbangan PNS

    Resah! Honorer Tunggu Ketidakpastian THR dari Sumbangan PNS NASIONAL, HARIANHALUAN.COM -- Saat Pemerintah memastikan tunjangan hari raya (THR) untuk pegawai negeri sipil (PNS) aman di tengah pandemi Covid-19, hal berbeda terjadi pada Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) d.
  • Selasa, 14 April 2020 - 13:44:56 WIB

    Sah! Menteri Agama Tunda Gelaran MTQ hingga November karena Corona

    Sah! Menteri Agama Tunda Gelaran MTQ hingga November karena Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Menteri Agama Fachrul Razi secara resmi memutuskan untuk menunda gelaran Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Nasional tahun 2020 yang digelar di Sumatera Barat. Penundaan ini imbas dari mewabahnya vir.
  • Senin, 13 April 2020 - 10:29:42 WIB

    Sah! Disetujui Menkes, Kota Pekanbaru Terapkan PSBB

    Sah! Disetujui Menkes, Kota Pekanbaru Terapkan PSBB JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah menyetujui Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Pekanbaru, Riau. Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto sudah menandatangani surat pengajuan PSBB tersebut..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]