BPBD Tepis Dugaan Pembalakan Liar Biang Banjir Bandang Solok Selatan


Rabu, 27 November 2019 - 11:45:07 WIB
BPBD Tepis Dugaan Pembalakan Liar Biang Banjir Bandang Solok Selatan Material lumpur, bebatuan, dan potongan-potongan kayu dampak banjir bandang di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat. Foto : VIVAnews/Andri Mardiansyah

SOLSEL, HARIANHALUAN.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Solok Selatan menepis rumor bahwa banjir bandang di kabupaten itu akibat pembalakan liar hutan alias illegal loging. Mereka mengklaim sudah memeriksa lokasi dan tidak menemukan tanda-tanda pembalakan liar.

Material potongan-potongan atau gelondongan kayu di lokasi terdampak banjir yang dicurigai sebagai bukti pembalakan liar, menurut Kepala BPBD Solok Selatan Richi Amran, kemungkinan sisa-sisa pembalakan liar tahun-tahun sebelumnya atau pohon tumbang secara alamiah.

Baca Juga : Hilang Kontak di Laut Bali, Kapal Selam KRI Nanggala 402 Belum Ditemukan

"Kita sudah cek ke lapangan, tidak ditemukan potongan kayu yang baru. Ya, bisa saja ini sisa pembalakan lama yang tertahan di dalam hutan. Pada saat longsor, ikut terdorong material tanah. Hutan di kawasan itu adalah hutan lindung,” katanya, Selasa, 26 November 2019.

Dia meyakini, penyebab sebenarnya banjir bandang itu ialah kondisi tanah yang labil lalu turun hujan deras dan lama dalam beberapa hari terakhir. Banjir bandang itu lantas membawa aneka material dari hutan, termasuk gelondongan-gelondongan kayu.

Baca Juga : Kasus Pembangunan Ruko, Pihak Pengembang Diduga Langgar Garis Sempadan

BPBD berencana mengumpulkan seluruh instansi terkait dalam waktu dekat, setelah tanggap darurat bencana selesai, untuk membahas langkah-langkah antisipasi atau mitigasi bencana. Kabupaten Solok Selatan, katanya, memag kerap dilanda banjir.

“Kita tidak menutup mata kalau mata pencaharian masyarakat juga tergantung dengan hutan. Namun, tentu ada aturannya. Kita akan sosialisasi lebih lanjut. Nanti akan ada rapat koordinasi bersama seluruh stakholder terkait, termasuk juga dengan masyarakat,” ujarnya. (h/vva)

Baca Juga : Penerapan WBK dan WBB Dicanangkan Lanud Hang Nadim Batam

Editor : Heldi | Sumber : viva.com
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]