Dukung Satu Nagari Satu Produk, PNP Ciptakan Teknologi Pengolahan Nira Otomatis di Agam


Rabu, 27 November 2019 - 15:00:27 WIB
Dukung Satu Nagari Satu Produk, PNP Ciptakan Teknologi Pengolahan Nira Otomatis di Agam Tim Pengabdian Masyarakat PNP dipimpin Nadia Fitria ST. MT menyerahkan mesin pengolahan gula nira oyomatis kepada petani tebu di Canduang, Kabupaten Agam. Ist

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Mendukung program satu nagari satu produk, Politeknik Negeri Padang (PNP) menciptakan teknologi pengolahan nira otomatis yang bisa dipergunakan oleh masyarakat Nagari Bukik Batabuah Kecamatan Canduang Kabupaten Agam.

Kegiatan tersebut merupakan Pegabdian Masyarakat PNP mendukung program Kementerian Ristek Dikti ertajuk Produk Teknologi yang di Desiminasikan ke Masyarakat (PTDM).

Ketua Pengabdian Masyarakat PNP di Canduang Agam, Nadia Alfitri ST. MT mengatakan, program tersebut dilakukan untuk mempertimbangkan masih adanya sektor pembangunan yang kurang berkembang dan belum mampu bersaing kerena lemahnya penerapan, penguasaan dan pemanfaatan produk teknologi di masyarakat.

Tujuan program ini secara umum adalah memfasilitasi proses hilirisasi produk teknologi hasil litbang ke Masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat; meningkatkan produktivitas, nilai tambah, kualitas maupun daya saing produk berbasis iptek; meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Menyikapi hal itu, Tim Pengabdian Masyarakat PNP di Agam yang diketuai Nadia Alfitri ST, MT dan tim Andrizal,ST., MT, Yefriadi, ST,MT melaksanakan kegiatan membantu masyarakat Canduang, Agam.

“Tujuan kami tak lain meningkatkan produktivitas, nilai tambah, kualitas maupun daya saing produk berbasis iptek di masyarakat,” ujarnya.

Kecamatan Canduang konsisten dengan program satu nagari satu produk, sebagai sentra industri kecil yang terkenal dengan hasil gula merah atau saka bukik. Memproduksi gula merah tebu merupakan pekerjaan utama masyarakat di nagari ini. 
Sebagian besar masyarakat menggantungkan sumber ekonomi rumah tangganya kepada hasil produk ini. 

Petani pengrajin memproduksi gula merah berdasarkan pengalaman turun temurun dan kebutuhan rumah tangga dan hampir tidak ada teknologi yang diadopsi oleh petani, kecuali mesin pengilangan tebu milik koperasi bukan individu, sehingga produksi gula merah sedikit dan sulit berkembang. 

Untuk mengatasi kendala tersebut tim PNP menawarkan modernisasi teknologi melalui pembuatan alat pengaduk nira tebu secara otomatis dan alat pengilang tebu. 
“Alhamdulillah ke dua produk ini tepatnya tanggal 23 November 2019 tim Politeknik Padang telah menyerahkan produk teknologi kepada masyrakat di Nagari Bukik Batabuah Kecamatan Canduang,” tambahnya. (*)

 

loading...
Reporter : Ist /  Editor : DavidR

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]