Berjuang di MK Terkait Batasan Usia, Faldo Maldini Siap Maju di Pilgub Sumbar


Rabu, 27 November 2019 - 18:32:40 WIB
Berjuang di MK Terkait Batasan Usia, Faldo Maldini Siap Maju di Pilgub Sumbar Grafis elektabilitas Faldo Maldini sebagai balongub Sumbar 2020. (sumber: Bright Consultant)

PADANG, HARIANHALUAN.COM –  Berdasarkan hasil survei Bright Consultant dan Haluan Media Grup (HMG), yang dilakukan di 19 kabupaten/kota di Sumbar, Faldo Maldini mendapat kepercayaan sebesar 8,15 persen untuk maju ke alek demokrasi Pilgub Sumbar pada 2020 mendatang.

Politisi muda ini lumayan jauh berada dibawah Mahyeldi yang memperoleh suara sebanyak 18,80 persen, dibawah Mulyadi yang memperoleh kepercayaan sebesar 14,81 persen dan Shadiq Pasadigoe yang mendapat kepercayaan sebesar 12,22 persen suara masyarakat dari hasil survey yang dilakukan Bright Consultant dan HMG pada tanggal 8 hingga 14 November 2019 lalu.

Politisi yang digadang-gadang bakal meraup suara terbanyak kaum milenial di Sumbar ini ternyata sedikit terhalang dengan aturan UU Pilkada terkait batasan usia.

Dalam batas usia yang ditetapkan dalam UU Pilkada yakni per tanggal 8 Juli tersebut, ternyata usia politisi muda ini kurang 1 hari dari batas yang ditentukan. Hal inilah yang saat ini tengah diperjuangkan oleh Faldo ke Mahkamah Konstitusi (MK). Faldo tidak sendiri dalam mengajukan gugatan UU Pilkada ini ke MK. Setidaknya ada 4 politisi muda yang melakukan gugatan uji materi UU Pilkada di MK, seperti  politikus muda PAN, PSI, dan PKPI yang mengajukan gugatan uji materi UU Pilkada ke Mahkamah Konstitusi (MK) terkait batasan usia kepala daerah.

Faldo Maldini mengaku, alasannya mengajukan gugatan adalah terhalang maju pemilihan gubernur, padahal usianya kurang sehari pada batas akhir pendaftaran nanti.

Faldo mengaku keberatan dengan Pasal 7 ayat 2 huruf e UU Pilkada. Pasal tersebut dinilai diskriminatif karena membedakan usia calon gubernur dan calon wakil gubernur dengan calon bupati/wali kota dan wakil calon bupati/wali kota dimana untuk cagub dan cawagub harus berusia minimal 30 tahun. (*)

 Editor : Heldi


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM