UPTD Air Bersih Kota Pariaman Siap Layani 4 Ribu SR


Rabu, 27 November 2019 - 18:53:18 WIB
UPTD Air Bersih Kota Pariaman Siap Layani 4 Ribu SR KONDISI kejernihan air pada reservoar pada IPA, UPTD Pengelolaan Air Bersih di Cubadak Mentawai Kota Pariaman. TRISNALDI

PARIAMAN,HARIANHALUAN.COM - Upgrating IPA (Instalasi Pengolahan Air) dari 30 liter/perdetik menjadi 50 liter perdetik di UPTD Pengololaan Air Bersih Kota Pariaman sudah selesai di kerjakan sejak awal November, dan sudah operasional. Setelah uji coba, dengan 50 liter perdetik, bisa melayani empat ribuan sambungan rumah masyarakat di Kota Pariaman.

Kepala UPTD Pengololaan Air Bersih Kota Pariaman, Hendri di Cubadak Mentawai Pariaman, Rabu (27/11), bahwa, dengan 50 liter perdetik itu makin luas kesempatan masyarakat dalam mendapatkan layanan air bersih dari UPTD ini.

Jadi di UPTD Air Bersih ada dua IPA, satu kapasitas 50 liter perdetik dan satunya lagi 10 liter perdetik dengan reservoar 300 M3 dan 100 m3.

Reservoar yang 300 m3 untuk pelayaman bagian selatan dan timur serta yang100 m3 untuk pariaman utara dan tengah.

“Kini Sambungan Rumah (SR) yang ada baru 1.100 sambungan, masih banyak idle capasity dan ini merupakan potensi untuk pengembangan,” sebut dia.

Untuk peningkatan sambungan rumah, dilakukan penambahan jaringan tersier terutama pada kawasan-kawasan perumahan.

Terkait gangguan pipa-pipa terkadang pipa utama, pipa tersier, segera ditangani oleh petugas dari UPTD, kalau tidak segera penanganannya jika lambat jelas akan berimbas kepada distribusi dan pelayanan air bersih ke masyarakat.

Kerusakan atau pipa bocor, bisa faktor, umur pipa dan kena pekerjaan proyek galian saluran.

Petugas untuk mengatasi pelayanan pipa rusak, ada 5 orang, perbaikan pipa bocor sangat tergantung pada kondisi lapangan dan dia meter besaran pipa, tapi umumnya satu hari perbaikan itu selesai. Terkait tunggakan pembayaran dari pelanggan, sampai minggu terakhir November 2019 ada Rp80 juta.

Tunggakan, pada umumnya beragam waktunya, ada yang 3 bulan bahkan juga sampai 6 bulan atau tunggakan berkisar 3 sampai 6 bulan. Soal pencabutan meteran pelanggan, dan tentu pada pelanggan yang sangat terlalu lama menunggak.

UPTD Pengelolaan Air Bersih Kota Pariaman target PADnya Rp450 juta, target awal, realisi Rp675 juta sampai minggu 3 November 2019.

Masyarakat pasang SR per bulan 10 dampai 15 SR disamping itu ada juga pemasangan SR gratis dari program DAK 2019 sebanyak 176 SR.

Dalam menjaga stabilitas kebersihan dan kualitas air, IPA juga dikuras minimal sekali seminggu dan sangat tergantung kondisi air baku.

Jadi di UPTD Air Bersih ada dua IPA, satu kapaistas 50 liter perdetik dan satunya lagi 10 literperdetik dengan reservoar 300 M3 dan 100 m3. Yang 300 m3 untuk pelayaman wilayah selatan dan timur dan 100 m3 untuk pariaman utara dan tengah. (h/tri)

 


Reporter : Trisnaldi /  Editor : Heldi


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM