Jepang Mau Ikut Bangun Rumah Milenial di RI


Kamis, 28 November 2019 - 07:57:18 WIB
Jepang Mau Ikut Bangun Rumah Milenial di RI Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN tengah menjajaki kerja sama permodalan dengan institusi asal Jepang. Negeri Sakura bakal memberikan pendanaan untuk membangun rumah untuk milenial di Indonesia.

Direktur Finance, Planning, & Treasury BTN Nixon L. P. Napitupulu menjelaskan bahwa dalam waktu dekat pihak Jepang bakal menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait rencana di atas.

"Mungkin mereka akan ketemu Presiden dalam waktu dekat," kata dia di Kantor Pusat BTN, Jakarta Pusat, Rabu (27/11/2019).

Pihaknya pun sudah bertandang ke Jepang dalam rangka menjajaki kerja sama dengan Pemodal besar di sana. Mereka ingin menaruh dananya berupa pembiayaan smart city atau kawasan perumahan yang terintegrasi dengan transportasi.

"Mudah-mudahan ini bisa jadi kenyataan, baru penjajakan, sudah tandatangan non disclosure agreement. Jadi kesepakatan untuk menjaga kerahasiaan data antar institusi. Diharapkan bisa MoU di bulan Desember," sebutnya.

Karena terikat perjanjian, pihaknya belum bisa memberitahu institusi yang dimaksud. Namun mereka adalah pemodal yang juga memberi pinjaman untuk proyek MRT Jakarta.

"Tapi kurang lebih institusinya juga itu memberikan pinjaman di MRT," jelasnya.

Dia mengungkapkan, melalui kerja sama dengan Jepang diharapkan bisa mendapat pendanaan murah dan dalam bentuk Rupiah. Kelebihan lainnya adalah tenor pinjaman yang panjang sehingga angsurannya lebih murah.

"Dan mungkin yang didorong adalah lebih ke milenial, 25-35 tahun, in the rural, jadi mereka penginnya di rural area ya, jadi lebih ke arah kota Jakarta, Surabaya, Bandung," terangnya.

Spesifikasi rumah ini nantinya di atas FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan) sedikit, yaitu di kisaran Rp 200-500 juta. Lokasinya akan lebih mendekati perkotaan. Konsepnya adalah hunian vertikal.(*)

 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 20 Februari 2020 - 20:00:47 WIB

    Grab Dapat Suntikan Modal Rp10 T dari Bank Raksasa Jepang

    Grab Dapat Suntikan Modal Rp10 T dari Bank Raksasa Jepang BOGOR, HARIANHALUAN.COM - Grab akan menerima investasi US$726 juta (sekitar Rp10 triliun) dari Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG) Jepang, dilansir dari KrAsia, Kamis (20/2/2020)..
  • Ahad, 26 Januari 2020 - 22:10:15 WIB

    Korsel dan Jepang 'Tolak' Turis China, Bisnis Pariwisata Terpukul

    Korsel dan Jepang 'Tolak' Turis China, Bisnis Pariwisata Terpukul JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Virus Corona yang mewabah di China dan hinggap di beberapa negara di dunia tidak hanya membahayakan kesehatan manusia. Wabah virus corona yang lahir di Wuhan, Hubei, China, juga memukul bisnis pari.
  • Jumat, 24 Januari 2020 - 13:37:48 WIB

    Bank dari Jepang Berminat Biayai 70 Pelabuhan Pertamina

    Bank dari Jepang Berminat Biayai 70 Pelabuhan Pertamina JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Perbankan Jepang Mizuho menyatakan minatnya untuk membiayai 70 pelabuhan milik Pertamina. Pelabuhan itu ditawarkan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia di kegiatan World .
  • Jumat, 10 Januari 2020 - 19:57:51 WIB

    Agresif! Nilai Perdagangan Jepang-Indonesia Tembus US$ 23,85 Miliar

    JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- "Indonesia menyambut baik komitmen Jepang untuk terus menjadi mitra kunci pembangunan sektor prioritas Indonesia," demikian ditegaskan Menlu RI kepada Menlu Jepang Motegi Toshimitsu dalam pertemua.
  • Sabtu, 14 Desember 2019 - 18:00:44 WIB

    Indonesia dan Jepang Makin Mesra, Kok Bisa?

    Indonesia dan Jepang Makin Mesra, Kok Bisa? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Indonesia dan Jepang terus menjalin kerja sama dalam upaya pengembangan industri otomotif, termasuk mendorong percepatan produksi kendaraan ramah lingkungan..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]