MENUJU PILKADA SUMBAR 2020

Luar Biasa! Emma Yohanna 'Kalahkan' Fadli Zon dan Ali Mukhni


Kamis, 28 November 2019 - 09:52:44 WIB
Luar Biasa! Emma Yohanna 'Kalahkan' Fadli Zon dan Ali Mukhni Grafis elektabilitas Emma Yohanna sebagai balongub Sumbar 2020. (sumber: Bright Consultant)

PADANG,HARIANHALUAN.COM- Emma Yohanna merupakan salah satu Bundo Kanduang  yang digadang-gadang akan  turut bertarung sebagai bakal calon Gubernur atau Wakil Gubernur Sumbar di Pilkada 2020. Ia kini adalah satu-satunya perempuan Anggota DPD RI  dari Dapil Sumbar.

Jika memang maju ke ajang Pilkada Sumbar tahun depan, peluang Emma Yohanna lumayan besar. Itulah yang tercermin dari hasil survei Bright Consultant dan Haluan Media Grup (HMG).

Baca Juga : Update! Lima Daerah Kuning, 14 Lainnya Ditetapkan Masuk Zona Oranye di Sumbar

Survei  dilaksanakan  pada tanggal 8 hingga 14 November 2019 dengan melakukan wawancara langsung (tatap muka dengan responden terpilih). Secara proporsional, metode ini dilakukan di 19 Kabupaten/Kota (primary sampling unit) berdasarkan DPT KPU Provinsi Sumatera Barat pada Pemilu/Pilpres 2019 lalu, dan dipilih secara acak. Setelah itu, juga ada sampling yang didata berdasarkan dari Kecamatan dan Nagari/ Desa/Kelurahan (secondary sampling unit). 

Sebanyak 4,44 persen dari responden tersebut  menjatuhkan pilihannya pada  Emma Yohanna. Perolehan suara Emma Yohnna ini lumayan besar jika  dibanding  Fadli Zon dengan 3,89 persen serta Ali Mukhni di posisi 3,33 persen. 

Baca Juga : Jumlah Kesembuhan Pasien Covid-19 di Sumbar Bertambah 212 Orang

Hj. Emma Yohanna lahir di Pasaman, 22 Januari 1955 dikenal sebagai pengusaha dan juga aktif pada kegiatan masyarakat.
Ia merupakan satu satunya tokoh wanita ranah Minang yang menjadi anggota DPD RI dari Dapil Sumatera Barat.

Sebelumnya,  Emma  juga berkarier sebagai pengusaha  dan mempunyai yayasan pendidikan TK SD Citra Al-Madina/PAUD.

Ia  juga Ketua Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Sumatera Barat, Wakil Ketua Forum Anak Usia Dini Sumbar, Presidium KAHMI Sumbar, Wakil Ketua HWK Sumbar, dan ativitas sosial kemasyaraktan lainnya. (dn/*)

Editor : DODI NJ | Sumber : Survei Bright Consultant dan Haluan Media Grup (HMG)
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]