Bunga Bangkai Raksasa Mekar sempurna di Koto Rantang Agam


Kamis, 28 November 2019 - 16:31:26 WIB
Bunga Bangkai Raksasa Mekar sempurna di Koto Rantang Agam Wisatawan menyaksikan Bunga bangkai tumbuh di Koto Rantang. DAYAT

AGAM, HARIANHALUAN.COM – Bunga bangkai yang ditaman masyarakat Koto Rantang Kecamatan Palupuah, Kabupaten Agam, mekar sempurna. Bunga tersebut berumur satu tahun, usia tersebut dihitung semenjak pemindahan umbi bunga ke kebun miliknya.

Mekarnya tumbuhan dengan nama latin Amorphophallus titanium ini menjadi daya tarik sendiri wisatawan. Bunga bangkai ini mekar sempurna selama 1 minggu, setelah sepekan,  kelopak bunga mulai layu, dilanjutkan dengan batangnya membusuk kemudian  patah.

Baca Juga : Siman, Korban Terakhir Longsor Lokasi Tambang Emas Solok Selatan Ditemukan Jelang Magrib

Warga yang menanam bunga langka tersebut mengatakan, Heru (22) Kamis (28/11), mengatakan, ia menanam satu kuncup  bungan bangkai satu tahun yang lalu, pada bulan September.

"Di Nagari Koto Rantang, bunga bangkai rutin tumbuh, kebetulan yang ini, saya menamnya sediri. Perkembangan kuncum hingga mekar membutuhkan waktu lebih kurang 2 bulan," katanya.

Baca Juga : Longsor Terjang Beberapa Wilayah di Bayang Pesisir Selatan Usai Diguyur Hujan

Dikatakannya, bunga yang ditanam  mulai terlihat kuncup runcing dan kemarin mekar sempurna. Menurut heru 3 hari terakhir puluhan  wisatawan dari dalam dan luar daerah datangan menyaksikan bagaimana penampakan bunga bangkai raksasa.

“Semenjak hari Selasa kemarin mungkin sudah ada 100 wisatawan yang datang ke sini. Saya selalu memposting di media sosial bagaimana pertumbuhan bunga itu, dan tidak lupa selalu berkoordinasi dengan BKSDA Bukittinggi untuk mengamati perkembangannya," ungkap Heru.
 
Sementara itu Kepala Balai konservasi Sumber Daya Alam, (BKSDA) Bukittinggi Ciko mengatakan, pemantauan intensif sudah dilakukan semenjak hari Minggu dengan memasang kamera untuk mengamati perkembangan bunga. Bunga langka ini  mulai mekar Selasa (27/11/2019) kemarin.

Dijelaskan Ciko bunga dan berlahan-lahan mati. “Namun tidak sampai disitu saya siklus perkembangannya, umbi dari bunga bangkai ini akan mengelurkan tumbuhan bunga baru dan membutuhkan waktu sekitar satu tahun untuk mekar kembali,” jelas Ciko.

“Selasa bunga bangkai ini sudah menunjukkan tanda tanda mekar, seperti perubahan warna kelopak dari hijau menjadi kuning, dan kita ukur tingginya hampir mencapai tiga meter” jelasnya. (h/yat)
 

Reporter : Rahmat Hidayat | Editor : Heldi
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]