Kompetisi SP4N-LAPOR! 2019, Kemendes PDTT Perkenalkan SiPemandu Desa 


Jumat, 29 November 2019 - 11:16:21 WIB
Kompetisi SP4N-LAPOR! 2019,  Kemendes PDTT Perkenalkan SiPemandu Desa  Presentasi di acara Kompetisi SP4N-LAPOR! 2019

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM-Hari ketiga tahap presentasi dan wawancara Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional 2019,  diisi oleh sepuluh instansi pemerintah pusat dan daerah yang memperkenalkan aneka kanal pengaduan yang dimilikinya terintegrasi dengan aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!). 

Mulai dari menyediakan sistem berbasis IT hingga talkshow di radio, turut meramaikan sesi wawancara kali ini.

Pada ajang ini  Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) memperkenalkan aplikasi Sistem Informasi Publik dan Penanganan Pengaduan Masyarakat Terpadu (SiPemandu Desa). 
Sistem ini mengintegrasikan pengaduan masyarakat dari berbagai kanal pengaduan. “Pengaduan melalui laman LAPOR!, media sosial, call center, dan SMS akan di-input ke sistem ini, dan masyarakat bisa melihat sejauh mana tindak lanjut atas laporan pengaduannya,” jelas Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Kemendes PDTT, Bonivasius Prasetya Ichtiarto.

Dikatakan Boni, penggunaan sistem ini masih terkendala pada kurangnya pengetahuan dan pemanfaatan IT oleh masyarakat desa. Karenanya, pengaduan masyarakat yang disampaikan langsung kepada pihak Kemendes PDTT masih diterima. 

"Kemendes PDTT terus berusaha untuk mengedukasi dan memberikan pemahaman kepada masyarakat agar dapat memanfaatkan sistem pengaduan ini dengan optimal," pungkasnya.


Presentasi diawali dengan Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan yang dibawakan oleh Sekretaris DJPb R.M Wiwieng Handayaningsih. DPJb memperkenalkan salah satu kanal pengaduannya, yakni aplikasi Sistem Informasi Pengelolaan Pengaduan (SiPANDU). Berbagai pengaduan di berbagai kanal, termasuk LAPOR!, akan dimasukkan ke SiPANDU. 

“Terintegrasinya database ini akan memudahkan kami melakukan pemantauan tindak lanjut (pengaduan) sampai close,” ungkap Wiwieng usai presentasi dan wawancara Kompetisi SP4N-LAPOR! 2019 

Selanjutnya, presentasi dilakukan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Sekretaris Inspektorat Jenderal KKP, Riza Trianzah.

Sementara itu, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) memperkenalkan aplikasi Sistem Informasi Publik dan Penanganan Pengaduan Masyarakat Terpadu (SiPemandu Desa).(*)

loading...
 Sumber : Ist /  Editor : Dodi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 02 Juli 2020 - 21:08:48 WIB

    Pertamina Gelar Kompetisi Sobat Bumi Berhadiah Rp900 Juta, Mau?

    Pertamina Gelar Kompetisi Sobat Bumi Berhadiah Rp900 Juta, Mau? HARIANHALUAN.COM - Untuk mendukung bibit - bibit unggul dalam inovasi energi baru dan terbarukan (EBT), Pertamina meluncurkan Kompetisi Sobat Bumi (KSB) bagi mahasiswa, dosen, peneliti, penggiat energi terbarukan dan masyarak.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]