Pemdes Marunggi Rencanakan Pengembangan Kawasan Wisata


Jumat, 29 November 2019 - 11:23:35 WIB
Pemdes Marunggi Rencanakan Pengembangan Kawasan Wisata Kepala Desa Marunggi, Ardizal

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Pemdes Marunggi Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman sedang menyiapkan rencana induk untuk pengembangan kawasan wisata di desa tersebut.

"Potensi ada, namun perlu rencana matang secara terstruktur dan hal tersebut sedang dibuat rencana induknya," kata Kepala Desa Marunggi, Ardizal, Kamis (28/11).

Untuk mewujudkan desa wisata, perlu rencana matang sehingga pengembangan, pemeliharaan dan pengawasan dari apa yang sudah dibangun nantinya, tidak terabaikan.

Potensi wisata yang akan dikembangkan di desa Marunggi, seperti di Binasi dengan pantainya yang indah, namun penataan kawasan yang ada disekitarnya perlu di maksimalkan.

Taman-taman dengan penataan kawasan yang indah dan menarik, perlu dilakukan disini, sehingga nantinya akan menjadi sumber ekonomi bagi desa dan masyarakatnya.

Setelah penataan, dan sudah menjadi menarik, maka geliat ekonomi akan tumbuh disini, melalui penyediaan kuliner yang digelar pedagang.

“Potensi yang ada diupayakan untuk dimaksimalkan,” lanjut Kades.

Selain itu juga dilakukan pembinaan, mengembangkan seni-seni tradisional yang ada di desa ini, seperti pencak silat, rebana dan banyak lagi yang lain, ini juga dapat menunjang percepatan tumbuhnya desa wisata.

Tahun 2020 disiapkan sarana dan prasarana fisiknya, untuk pengembangan dan memaksimalkan potensi wisata yang ada di kawasan desa ini.

“Ketika ditanya soal Bumdes, sudah ada, sudah dibentuk, tahun ini 2019 dipermanenkan,” kata Ardizal Kades Marunggi.

Sementara Kepala Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa Kota Pariaman, Efendi Jamal, di Kota Pariaman sudah ada sejumlah desa wisata.

Artinya, desa dengan pengelolaan petensi atau kawasan-kawasan yang bisa dikembangkan dan ditata secara baik sehingga menarik dan indah menjadi kunjugan wisata bagi orang.

“Salah satu dari desa wisata itu, desa Simpang Apar,” kata Efendi Jamal. (h/tri)

 

 

loading...
Reporter : Trisnaldi /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]