Daftar Kementerian yang Siap Ganti Eselon III dan IV dengan Robot


Jumat, 29 November 2019 - 17:26:17 WIB
Daftar Kementerian yang Siap Ganti Eselon III dan IV dengan Robot Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) sering melontarkan wacana pemangkasan jabatan eselon, tercatat ada beberapa kementerian yang siap melaksanakan amanat orang nomor satu di Indonesia itu.

Berdasarkan catatan detikcom, Jumat (29/11/2019), kementerian yang siap memangkas adalah Kementerian PAN-RB dan Kementerian PUPR.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo berjanji akan memangkas pejabat eselon. Hal ini dilakukan demi menjalankan amanat Presiden Jokowi untuk merampingkan birokrasi.

Bahkan Tjahjo menyatakan akan melakukan pemangkasan ini dalam waktu setahun. Tjahjo menyebutkan bahwa penghapusan jabatan eselon III dan IV dimulai bulan ini di kementerian yang dipimpinnya.

"KemenPAN-RB strategis, karena kita miliki amanat saat pelantikan presiden, adalah masalah eselonisasi yang harus disederhanakan. Kita mau pangkas dua dan digantikan jabatan fungsional, target saya eselonisasi itu paling lama setahun selesai," ungkap Tjahjo di kantornya, Jakarta, Rabu (30/10/2019).

"Saya mulai dari KemenPAN-RB, yang bulan ini eselon III dan IV dipangkas," sebutnya.

Tjahjo menegaskan apabila pemangkasan tidak terjadi dalam setahun, maka dia berjanji untuk mundur.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, sampai saat ini dirinya masih mengikuti kebijakan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

"Kami sudah persiapkan ada beberapa opsi sesuai arahannya Kementerian PAN-RB yang kemarin semua sekjen dikumpulkan. Saya ngikutin kebijakannya," ucap Basuki di kantornya, Jumat (8/11/2019).

Namun begitu, dirinya sudah bersiap jika harus memangkas eselon III dan IV di kantornya.

Menurut Basuki, pemangkasan eselon bukan hanya sekedar menghilangkan. Melainkan juga untuk mempercepat birokrasi.(*)


 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 18 Januari 2020 - 15:58:46 WIB

    425 Lokasi Disiapkan Buat Seleksi CPNS, Ini Daftarnya

    425 Lokasi Disiapkan Buat Seleksi CPNS, Ini Daftarnya JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah menyiapkan titik lokasi (tilok) yang akan menjadi lokasi pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Tahun Anggaran 2019. Hingga saat ini ada 425 tilok yang.
  • Jumat, 17 Januari 2020 - 10:59:33 WIB

    Masuk Daftar Bali Baru, Pembangunan Jalan Lingkar Raja Ampat Dikebut

    Masuk Daftar Bali Baru, Pembangunan Jalan Lingkar Raja Ampat Dikebut JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) secara bertahap terus menyelesaikan pembangunan jalan lingkar Raja Ampat yang memiliki panjang keseluruhan 342 kilometer. Kehadiran jalan ter.
  • Selasa, 14 Januari 2020 - 11:31:33 WIB

    Kabar Baik! Polri Buka Pendaftaran Pendidikan Polisi Khusus Sarjana

    Kabar Baik!  Polri Buka Pendaftaran Pendidikan Polisi Khusus Sarjana JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Ini  dia a kabar baik bagi lulusan sarjana yang ingin mengabdikan diri sebagai Polisi. Dikutip dari laman Penerimaan Anggota Polri, pendaftaran dibuka dari 6 Januari hingga 24 Januari 2020. .
  • Senin, 13 Januari 2020 - 16:53:28 WIB

    Buruan Daftar! Anak Usaha Pelindo III Buka Lowongan Kerja

    Buruan Daftar! Anak Usaha Pelindo III Buka Lowongan Kerja JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Anak perusahaan PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III yang bergerak di bidang jasa tenaga kerja, yaitu PT Pelindo Daya Sejahtera (PT PDS) kembali membuka lowongan kerja terbaru..
  • Ahad, 12 Januari 2020 - 14:50:30 WIB

    Silahkan Daftar! Angkasa Pura I Buka Lowongan Kerja, S1 Semua Jurusan

    Silahkan Daftar! Angkasa Pura I Buka Lowongan Kerja, S1 Semua Jurusan JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Ada kabar baik nih di hari Minggu! Khususnya yang ingin berkarir di perusahaan BUMN. Saat ini Angkasa Pura Airports sekarang membuka lowongan pekerjaan, info lebih lanjut bisa dilihat melalui http.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM