90 Persen Turis yang Kunjungi Sulawesi Utara Berasal dari China


Jumat, 29 November 2019 - 19:39:46 WIB
90 Persen Turis yang Kunjungi Sulawesi Utara Berasal dari China Ilustrasi

MANADO, HARIANHALUAN.COM - Beda wilayah di Indonesia, beda juga negara asal turis yang datang. Kalau Sulawesi Utara, turis China paling suka.

"90 Persen turis yang datang ke Sulawesi Utara berasal dari China," kata Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Octavianus Estefanus Kandouw di Kantor Gubernur Sulawesi Utara, Manado, Jumat (29/11/2019) pada awak media atas undangan kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Steven menjelaskan, sejak bulan Juli tahun 2016, Sulawesi mendapatkan direct flight dari China. Seiring berjalan waktu, turis asal China yang datang ke Sulawesi Utara makin banyak.

"Angkanya 40 ribu (kedatangan-red) turis China di 2016. 90 ribu di 2017, 126 ribu di 2018 dan tahun 2019 sampai saat ini 129 ribu," terang Steven.

Hingga kini, Sulawesi Utara punya 7 penerbangan langsung dari kota-kota mainland (daratan utama) di China. Rata-rata waktu tempuh penerbangannya 3-4 jam.

Menurut Steven, turis China paling suka snorkeling dan main ke pantai. Sebab hal tersebut sulit dilakukan mereka di negaranya.

Oleh sebab itu, turis China merupakan pasar potensial bagi pariwisata Sulawesi Utara. SDM pariwisata dan fasilitas pariwisata yang dikembangkan pun tentu makin ditingkatkan untuk membuat turis China makin nyaman dan makin banyak yang datang.

"Kita ada kursus bahasa mandarin, anak-anak kita juga belajar ke China," ungkap Steven.

Ditemui terpisah di Tomohon, Kepala Dinas Pariwisata Sulawesi Utara Daniel Mewengkang menjabarkan hal yang sama. Bahkan, investor dari China juga sudah melirik Sulawesi Utara.

"Kebanyakan turis China yang datang ke Sulawesi Utara ini tipenya family. Soal investor dari China, tentu sudah banyak yang tertarik," terangnya.(*)
 


 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 23 Juni 2016 - 05:03:01 WIB

    900 TKI Dideportasi dari Malaysia

    900 TKI Dideportasi dari Malaysia PEKANBARU, HALUAN — Menjelang lebaran ini, ada 900 TKI dideportasi dari Malaysia. Mereka umumnya TKI tanpa dilengkapi do­kumen. Para TKI ini tiba di pela­bu­han Sri Bintang Internas­ional di Tanjungpinang, Ibukota Provi.
  • Rabu, 27 Januari 2016 - 03:50:31 WIB

    RPJMD Tercapai 90 Persen

    RPJMD Tercapai 90 Persen BATAM, HALUAN — Wali­kota Batam, Ahmad Dahlan menyebutkan 90 persen dari keseluruhan target uang yang dicanangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Me­nengah Daerah (RPJMD) tahun 2011-2016 tercapai..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM