Wah..! Sri Mulyani Tetap Lantik Pejabat Eselon III dan IV


Jumat, 29 November 2019 - 21:21:59 WIB
Wah..! Sri Mulyani Tetap Lantik Pejabat Eselon III dan IV Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati ketika melantik pejabat eselon II, III, dan IV Kementerian Keuangan di Jakarta, Jumat (29/11/2019).(KOMPAS.COM/MUTIA FAUZIA)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM-Meskipun sebelumnya Presiden Joko Widodo menyatakan akan memangkasnya akan menggantinya dengan kecerdasan buatan (artificial intelligent), Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati tetap melantik pejabat eselon II, III dan IV di jajaran kementeriannya, Jumat (29/11).

Menurut Sri Mulyani, pelantikan eselon III dan IV tetap dilakukan lantaran pejabat-pejabat yang dilantik itu mengemban tugas memimpin satuan kerja tertentu.  

"Eselon III dan IV ini merupakan fungsi yang melayani atau memegang satker, itu tidak dihilangkan. Jadi memang tidak seluruh eselon III dan IV hilang, tapi yang memiliki fungsi pelayanan dan satker masih akan dipertahankan," jelas dia dikutip dari kompas.com.

Jika dirinci, ada 25 pejabat baru di eselon II, 67 pejabat eselon III dan IV, serta 112 pejabat fungsional di lingkungan Badan Kebijakan Fiskal (BKF).

Menkeu mengatakan, meskipun ada pelantikan pejabat eselon III dan IV baru, pemangkasan tetap dilakukan. Hal tersebut pun diaplikasikan pada 112 pejabat fungsional di jajaran BKF. Tadinya mereka merupakan pejabat struktural dari golongan eselon III dan IV. 

 Berdasarkan datanya, untuk eselon III terdapat 19 dari 36 jabatan BKF yang dipangkas, dan untuk eselon IV terdapat 74 jabatan yang dihapus dari yang sebelumnya 124 jabatan. "Ada 112 pejabat yang sekarang berubah fungsi jabatan, dari yang tadinya eselon III dan IV menjadi analis kebijakan," ujar dia. 

Dia mengatakan, perubahan pejabat struktural menjadi pejabat fungsional tersebut tak sekadar melaksanakan instruksi Presiden Joko Widodo. Namun, dia berpesan kepada para pejabat tersebut untuk menjalankan dan melaksanakan esensi dari delayering atau pemangkasan jabatan struktural. 
"Barangkali ini hari ini masih belum bisa membedakan, kemarin masuk dengan jabatan struktural eselon III sekarang jadi analis. Mungkin sikap dan pikirannya belum hijrah, padahal title-nya sudah berubah," ujar dia.(kps)

 Sumber : Kompas.com /  Editor : DODI NJ


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 18 Februari 2020 - 13:58:26 WIB

    Wah..! PNS Dapat Rp1 Miliar Saat Pensiun?

    Wah..! PNS Dapat Rp1 Miliar Saat Pensiun? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Tjahjo Kumolo mengklarifikasi pernyataannya soal usulan dana pensiun bagi pegawai negeri sipil (PNS) atau aparatur si.
  • Sabtu, 15 Februari 2020 - 03:02:39 WIB

    Wah..! WHO Bela China dari Kritik AS soal Corona

    Wah..! WHO Bela China dari Kritik AS soal Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) membela China yang mendapat respons kekecewaan Amerika Serikat dalam menangani wabah virus corona..
  • Rabu, 12 Februari 2020 - 15:17:51 WIB

    Wah..! Buruh Perusahaan Besar Bakal Dapat Bonus Lima Kali Gaji

    Wah..! Buruh Perusahaan Besar Bakal Dapat Bonus Lima Kali Gaji JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyatakan pemanis (sweetener) sebesar lima kali gaji hanya akan diberikan pada buruh yang bekerja pada perusahaan besar. Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauzia.
  • Jumat, 07 Februari 2020 - 10:26:49 WIB

    Wah..! Masjid Istiqlal-Gereja Katedral akan Tersambung Terowongan

    Wah..! Masjid Istiqlal-Gereja Katedral akan Tersambung Terowongan JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapat usulan pembuatan terowongan yang menghubungkan Masjid Istiqlal dengan Gereja Katedral. Jokowi menyetujui usulan tersebut..
  • Selasa, 04 Februari 2020 - 18:19:00 WIB

    Wah..! Maritim AS Bangun Pusat Pelatihan Keamanan di Batam

    Wah..! Maritim AS Bangun Pusat Pelatihan Keamanan di Batam BATAM, HARIANHALUAN.COM - Badan Keamanan Laut (Bakamla) Republik Indonesia dan Badan Keamanan Laut Amerika Serikat (US Coast Guard) menjalin kerja sama untuk mendirikan Maritime Security Training Center di Batam..

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM