Agar Liburan Asyik, Ayo Ikuti 7 Tips Ini


Ahad, 01 Desember 2019 - 08:52:49 WIB
Agar Liburan Asyik, Ayo Ikuti 7 Tips Ini Ilustrasi liburan

WISATA,HARIANHALUAN.COM-Penghujung tahun hampir tiba. Biasanya, banyak orang memiliki waktu luang untuk berlibur bersama keluarga tercinta. Agar liburan semakin menyenangkan, kebanyakan orang merasa bahwa mereka harus menghabiskan uang yang banyak. Namun tidak selamanya pikiran itu benar. Liburan juga bisa dilakukan secara hemat dan tetap menyenangkan.

Liburan yang menyenangkan tidak harus pergi ke luar negeri. Lokasi berlibur di Indonesia sangat luas dan ada sangat banyak tempat-tempat indah disini yang pastinya akan membuat liburan kamu semakin hemat, menyenangkan, dan pastinya semakin dekat dengan keluargamu.

Jadi, buat kamu yang ingin liburan hemat dan menyenangkan, ayo baca tips berikut ini.

1. Lakukan Survei Lokasi Liburan

Sebelum pergi berlibur, kamu pasti harus menentukan kemana kamu akan pergi. Untuk memastikan bahwa tempat yang kamu ingin datangi itu cocok dengan ekspektasi kamu tentang liburan atau tidak. Survei bisa dilakukan melalui internet, buku-buku wisata, atau brosur dari agen travel.

Selain itu, dengan melakukan survei kamu bisa mulai menghitung kisaran uang yang kamu butuhkan untuk berlibur ke tempat yang kamu tuju, dan juga kamu bisa mengetahui jika ada promosi atau diskon sehingga kemauan kamu untuk berhemat menjadi lebih mudah.

2. Lakukan Pemesanan dari Jauh Hari

Setelah melakukan survei dan sudah menentukan tempat tujuan kamu, sekarang kamu harus mulai memesan tiket transportasi, tempat penginapan, atau bahkan jika ada, tiket tempat wisata di lokasi. Biasanya jika pemesanan dilakukan dari lama sebelum hari H, kamu akan mendapatkan harga spesial yang lebih murah atau kamu bisa mendapatkan penawaran-penawaran menarik lainnya selama kamu berlibur.

3. Bukan di Musim Liburan

Di kebanyakan tempat wisata, harga pada saat musim liburan atau high season akan lebih mahal daripada ketika di musim biasa atau low season. Oleh karena itu, kamu akan bisa lebih berhemat jika pergi sebelum atau setelah musim liburan. Selain itu, kamu dapat lebih leluasa jika pergi bukan di musim liburan, karena biasanya lebih sepi, jadi kamu bisa lebih menikmati liburan kamu.


4. Utamakan Kenyamanan daripada Kemewahan


Lupakan tentang liburan mewah jika kamu mau berhemat. Namun jangan sampai karena kamu sangat berhemat, liburan menjadi tidak nyaman. Utamakan kenyamanan kamu, baik dalam memilih transportasi, tempat tinggal, atau pemandu liburan. Asalkan nyaman, semua pasti akan senang. Dan pastinya akan lebih menyenangkan lagi jika kamu bisa liburan dengan nyaman, mewah, tapi murah. Mungkin sih, namun jarang.

5. Bawa Uang Tunai


Selalu bawa uang tunai selama kamu berlibur. Tentu saja bukan untuk dipakai berfoya-foya, tapi dengan membawa uang tunai, kamu akan lebih bisa mengatur pengeluaranmu selama liburan. Dengan membawa uang tunai, kamu bisa melihat langsung berapa uang yang tersisa, sehingga dapat berpikir lebih dalam sebelum mengeluarkan uang. Jika kamu takut kecurian, bawalah uang secukupnya saja, namun tetap bawa debit dan kartu kredit Visa atau MasterCard. Hal ini untuk membantu kamu saat membutuhkan uang mendadak.


6. Catatlah Pengeluaran Selama Liburan


Jangan lupa untuk selalu catat setiap pengeluaran yang kamu lakukan walaupun itu sekecil apapun. Hal ini akan membantu kamu mengatur dan mengetahui kemana saja uang kamu mengalir. Dengan mengetahui itu semua, kita bisa menekan kemungkinan kita untuk boros dan berfoya-foya yang membuat liburan menjadi mahal.

7. Hemat Berbelanja!

Hal ini harus menjadi pokok pikiran kamu yang terakhir, karena ini seringkali menjadi sumber pengeluaran terbesar kamu saat liburan. Saat pergi ke tempat berlibur, tentu membeli oleh-oleh dan beberapa barang sangat dianjurkan supaya kamu dapat mengenang momen-momen liburan kamu, tetapi jangan jadikan belanja sebagai prioritas utama kamu jika kamu tidak ingin kehabisan uang di hari-hari liburan selanjutnya.

Selain itu, carilah tempat berbelanja yang murah tapi bagus. Biasanya berbelanja di pasar tradisional akan lebih murah dan beragam daripada toko cinderamata.


Kamu memiliki kendali penuh atas keuangan kamu sendiri, maka itu liburan mau hemat atau tidak juga tergantung pada kamu, sebagai pengendali keuanganmu. Jika kamu mau berlibur tapi juga harus berhemat, maka tips-tips di atas mungkin bisa membantu kamu. Segala sesuatu ada waktunya, jadi ambillah waktu sejenak untuk berlibur dan menghabiskan waktu bersama keluargamu. Kamu layak mendapatkannya!


 Sumber : cermati /  Editor : dodi


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 22 November 2019 - 14:53:39 WIB

    Luar Biasa! Nagari Pasia Laweh Helat Festival Manangguak Udang

    Luar Biasa! Nagari Pasia Laweh  Helat Festival  Manangguak  Udang PADANG,HARIANHALUAN.COM-Bingung akan berakhir pekan kemana?  ke Pasia Laweh saja. Di Nagari dengan sejuta persona alam dan kearifan lokal  ini akan digelar Festival Manangguak Udang, pada  Minggu, 24 November 2019..
  • Rabu, 16 Oktober 2019 - 17:12:05 WIB

    Ayo ke Bukittinggi..! Nikmati Festival Permainan Anak Nagari Minangkabau

    Ayo ke Bukittinggi..! Nikmati Festival Permainan Anak Nagari Minangkabau BUKITTINGGI,HARIANHALUAN.COM-Pelaksanaan Festival Permainan Anak Nagari (FPAN) Minangkabau, bakal dihelat  pada Sabtu dan Minggu, 19 s/d 20 Oktober 2019 mendatang  di Lapangan Wirabraja/Kantin, Kota Bukittinggi..
  • Sabtu, 12 Oktober 2019 - 21:50:37 WIB

    Inilah Penerima Anugerah Museum dan Pelestari Cagar Budaya 2019

    Inilah Penerima Anugerah Museum dan Pelestari Cagar Budaya 2019 JAKARTA,HARIANHALUAN.COM- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan penghargaan kepada museum serta para juru pelestari dan pemelihara museum. Penghargaan itu diberikan dalam acara puncak peringatan Hari .
  • Selasa, 29 Maret 2016 - 02:55:04 WIB
    Imbauan DPRD Siak

    Perusahaan Perkebunan Agar Selesaikan Tapal Batas

    SIAK, HALUAN—Hampir seluruh perusahaan per­ke­bunan yang ada di wilayah Kabupaten Siak belum mem­buat tapal batas antar wilayah perizinannya..
  • Ahad, 06 September 2015 - 19:06:58 WIB

    Presiden Agar Turun Atasi Asap

    Pekanbaru, Haluan— Wakil Ketua DPRD Riau Noviwaldi Jusman meminta Presiden RI Joko Widodo segera turun ke daerah ini untuk mengantisipasi kabut asap yang makin mengkha­watir­kan, apalagi aksi pem­baka­ran lahan dan h.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM