Mau Cepat Mengatasi Flu? Ayo Simak Tips Ini


Ahad, 01 Desember 2019 - 09:05:09 WIB
Mau Cepat Mengatasi Flu? Ayo Simak Tips Ini ilustrasi flu. net

KESEHATAN,HARIANHALUAN.COM-Sungguh tidak enak terserang flu yang bikin hidung meler-meler. Perasaan lemas di seluruh badan ditambah hidung meler tak nyaman, membuat Anda buru-buru mengonsumsi obat warung yang tak keruan.Tak jarang, Anda harus menunda aktivitas harian karena harus beristirahat secara penuh.

Nah dikutip Suara.com dari Mirror Online, para ahli mengungkapkan serangkaian tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi flu dalam waktu satu hari. Bagaimana caranya?

1. Pagi hari

Profesor Ron Eccles, seorang pakar flu sekaligus profesor dari Universitas Cardiff, mengatakan Anda dapat memulai hari dengan mandi air panas. Hal tersebut dapat melonggarkan sekresi di hidung oleh uap karena uap dapat membantu menghilangkan sinus yang menyumbat.

Air hangat juga dapat meredakan nyeri pada anggota badan yang sering kita alami saat sakit.

Selanjutnya, konsumsi vitamin C. Bisa dengan mengomumsi buah-buahan seperti jeruk atau kiwi.

Sayangnya, Anda harus sedikit berjauhan dengan kopi atau teh di pagi hari. Menurut ahli gizi, Amanda Ursell, kandungan kafein dapat membuat Anda dehidrasi. Jadi coba konsumsi jus jeruk sebagai gantinya.

2. Siang dan sore hari

Memasuki siang dan sore hari, pastikan Anda tetap merasa nyaman dan hangat.

"Jika hidung terasa terlalu dingin, sistem kekebalan tidak berfungsi dengan baik, jadi Anda lebih rentan terhadap infeksi. Tetap di dalam rumah juga membatasi penyebaran infeksi. 

Jika Anda harus keluar, kenakan syal agar tetap hangat dan jika perlu, gunakan semprotan pelembap hidung," tambah Dr Sarah Brewer.

Mengonsumsi sup hangat saat sore juga sangat direkomendasikan. Spesialis telinga, hidung dan tenggorokan, Adam Frosh mengatakan bahwa sup sangat nyaman di perut, bergizi dan membuat Anda merasa lebih baik.

Dia juga menyarankan untuk tetap terhidrasi dengan baik dengan minum banyak air. Hal tersebut dapat mencegah perasaan gatal di tenggorokan.


Jauhi minuman keras seperti alkohol dan beralih ambil kudapapan lain seperti kacang yang mengandung selenium dan dapat memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

3. Malam hari

Amanda mengatakan rempah-rempah panas dapat mengiritasi lapisan hidung dan membuat hidung lebih mudah untuk dibersihkan sekaligus membantu
Anda merasa lebih baik.

Dalam hal pengobatan medis, spesialis THT, Adam merekomendasikan kombinasi parasetamol dan ibuprofen dengan jumlah yang disarankan.(*)


 Sumber : suaracom /  Editor : dodi


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 23 November 2019 - 11:01:19 WIB

    Gaji Pas-pasan Mau Beli Rumah? Begini Caranya

    Gaji Pas-pasan Mau Beli Rumah? Begini Caranya JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Rumah menjadi sebuah kebutuhan yang tak bisa dihindari. Namun, tak mudah untuk memiliki hunian idaman apalagi dengan pendapatan yang terbilang pas-pasan..
  • Sabtu, 09 November 2019 - 13:18:03 WIB

    Tak Enak Tolak Teman yang Mau Ngutang? Ini Tipsnya

    Tak Enak Tolak Teman yang Mau Ngutang? Ini Tipsnya FINANSIAL, HARIANHALUAN.COM - Tidak jarang ditemui teman dekat atau keluarga datang untuk minta bantuan pinjaman uang. Hal ini terkadang membuat dilema, terlebih bila orang yang meminjam susah ditagih..
  • Sabtu, 09 November 2019 - 11:18:32 WIB

    Semarak Maulid Nabi SAW, Ini Tips Hidup Sehat Rasulullah yang Patut Dicontoh

    Semarak Maulid Nabi SAW, Ini Tips Hidup Sehat Rasulullah yang Patut Dicontoh LIFESTYLE, HARIANHALUAN.COM - Menerapkan pola hidup sehat tentu harus selalu dilakukan, seperti halnya yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Menjaga kesehatan termasuk sunah Nabi yang patut diteladani umat muslim..
  • Selasa, 29 Oktober 2019 - 13:06:57 WIB

    Mau Difolbek Susi Pudjiastuti? Penuhi Dulu 4 Syarat Unik Ini!

    Mau Difolbek Susi Pudjiastuti? Penuhi Dulu 4 Syarat Unik Ini! JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Susi Pudjiastuti membuat gempar media sosial usai menawarkan syarat bagi mereka yang ingin diikuti balik alias di-follow back (folbek)..
  • Sabtu, 19 Oktober 2019 - 08:17:40 WIB

    Mau Coba? Kopi Langka Dijual Rp 2,8 Juta per Kaleng

    Mau Coba? Kopi Langka Dijual Rp 2,8 Juta per Kaleng LIFESTYLE, HARIANHALUAN.COM - Musisi Jason Mraz ternyata punya perkebunan kopi yang digeluti serius. Ia menjual hasil kopinya dalam bentuk minuman kaleng seharga Rp 2,8 juta!.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM