Jalur Jalan Padang Solok Macetl Lagi di Sitinjau Lauik


Ahad, 01 Desember 2019 - 20:56:44 WIB
Jalur Jalan Padang Solok Macetl Lagi  di Sitinjau Lauik Macet mengular di Sitinjau Lauik, Sabtu malam. ALFIAN

SOLOK, HALUAN.COM-Lagi- lagi terjadi kemacetan panjang di lepas panorama II Sitinjau Laut . Macet itu dipicu ulah sebuah truk yang platnya tidak kelihatan bermuatan besi menghantam tebing karena tidak mampu mendaki.

 

Kemacetan berawal dari truk yang gagal mendaki  pada Sabtu malam(30/11) sekitar pukul 19.39 WIB, namun Minggu pagi arus lalin sudah kembali lancar. 

Keterangan diperoleh Haluan.Com yang kebetulan melewati jalan itu dari Padang tujuan Solok, pada Sabtu malam(30/11) sekitar pukul 19.39 WIB tersebut,  truk bermuatan besi saat mendaki panorama sudah kepayahan juga. Selepas panorama yang ada tikungan, truk itu tertahan, namun tanpa disadari, truk mundur dan menghantam tebing.

Posisi truk memakan badan jalan sehingga kendaraan yang lewat terpaksa buka tutup, karena buka tutup itu terjadi antrian yang menyebabkan kemacetan. Tidak ada petugas yang mengatur malam itu, karena lokasi kecelakaan persis yang ada pak ogahnya, dialah yang turun tangan mengatur lalu lintas. Walau sudah diatur namun kemacetan tidak terelakan.

Jalur jalan Padang- Solok ini, memang terkenal sangat rawan kecelakaan, tidak hanya saat hujan, namun juga cuaca cerah juga demikian karena ada saja yang menghambat lalu lintas. Mobil yang terbalik maupun masuk tali bandar.

Jika terjadi gangguan lalu lintas, macetnya bukan main, bisa berjam- jam, ujar Ardi seorang sopir truk pada Haluan di lokasi. Panjangnya macet dikarenakan mobilitas kendaraan yang padat, hampir tiap menit kendaraan lewat, artinya jalan Padang- Solok tidak pernah sepi dari kendaraan.

Untuk mengatasi persoalan itu, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat sudah saatnya memikirkan jalan khusus truk sehingga arus lalu lintas Solok Padang lancar. 

"Kalau dulu bisa ditargetkan jarak tempuk Padang- Solok 1,5 jam, namun sekarang tidak bisa lagi, minimal 2 jam bahkan lebih apalagi terjadi rintangan di jalan, " paparnya.( alf)

Reporter : ALFIAN /  Editor : dodi

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]