Angka Kemiskinan di Pessel Tercatat 34.900 Jiwa


Senin, 02 Desember 2019 - 15:59:12 WIB
Angka Kemiskinan di Pessel Tercatat 34.900 Jiwa Ilustrasi

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Angka kemiskinan di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) masih tinggi. Sesuai dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Pessel tercatat angka kemiskinan di kabupaten ini berada diposisi ke 4 tertinggi di Sumbar.

Kepala Kantor BPS, Yudi Yos Elvin, Minggu (1/12) menyebutkan, kemiskinan terjadi akibat keterbatasan tenaga kerja di sektor formal yang mayoritas masyarakat hidup sebagai petani, buruh dan nelayan. Sedangkan dalam sektor primer, mata rantai kehidupan sangat terbatas. Kondisi ini membuat rentan terhadap kemiskinan.

“Saat ini, angka kemiskinan di Pesssel masih diatas rata-rata angka provinsi. Bahkan masih dibawah target RPJMD 2016-2021. BUPATI Pesisir Selatan H Hendrajoni mematok angka kemiskinan pada 2018 sekitar 7,18 persen,” sebutnya.

Berdasarkan data BPS Painan Pessel, jumlah angka kemiskinan di Kabupaten Pesisir Selatan mencapai 34.900 jiwa. Artinya, angka penduduk Pessel tercatat diangka 227 ribu jiwa sesuai dengan data BPS pada tahun 2018 tersebut.

Mayoritas masyarakat miskin tersebar di nagari pinggiran seperti daerah pantai dengan mata rantai pencaharian sebagai buruh tani dan nelayan. Sedangkan nagari yang paling miskin di Sumbar berada di kepulauan Mentawai, kemudian disusul oleh Kabupaten Solok, Padang Pariaman. (h/mjn)

 


Reporter : M Joni /  Editor : Heldi


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM