Tjahjo Kumolo Yakin Birokrasi Makin Kuat Bila Eselon III-IV Diganti Robot


Selasa, 03 Desember 2019 - 00:50:01 WIB
Tjahjo Kumolo Yakin Birokrasi Makin Kuat Bila Eselon III-IV Diganti Robot Menpan RB Tjahjo Kumolo di Malam Anugrah ASN 2019

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Tjahjo Kumolo meyakini bahwa birokrasi pemerintah akan menjadi begitu kuat saat rencana penggantian eselon III dan IV di pemerintahan dengan robot dilaksanakan.

Menurut Tjahjo, merujuk pengalaman di negara maju seperti Singapura hingga Korea Selatan, efisiensi birokrasi, membuat profesionalitas lembaga negara menjadi begitu tinggi.

"Di Singapura di Korea Selatan, itu contoh birokrasi yang sangat-sangat profesional. Siapa pun presiden, kepala daerahnya tidak mempengaruhi proses birokrasi," ujar Tjahjo di kawasan TVRI, Senayan, Jakarta, Senin, 2 Desember 2019.

Tjahjo menyampaikan, robot atau artificial intelligence 'kecerdasan buatan' akan diterapkan supaya birokrasi pemerintahan juga memanfaatkan kemajuan teknologi mutakhir. Di sektor swasta, mulai dari pelayanan di gerbang tol hingga manajemen pasien di rumah sakit, kecerdasan buatan jamak juga digunakan untuk meningkatkan efisiensi.

"Ini (penggantian eselon III dan IV dengan robot) adalah penerapan sistem. Sistem yang sudah berhasil di negara-negara maju," ujar Tjahjo.

Tjahjo juga mengemukakan, alih-alih harus berhadapan langsung dengan pejabat eselon III atau IV, masyarakat yang memerlukan pelayanan pemerintahan nantinya akan dihadapkan pada sistem secara langsung. Dengan demikian akan ada pemangkasan birokrasi yang signifikan sehingga pemerintahan berjalan lebih efisien.

"Ini dilakukan untuk memangkas birokrasi, untuk tidak selalu berhadap-hadapan antara masyarakat dengan yang mencari layanan, mencari perizinan," ujar Politikus PDIP ini.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa dirinya sudah memerintahkan kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo untuk mengganti kinerja eselon III dan IV dengan pemanfaatan artificial intelligence atau kecerdasan buatan. 

"Saya sudah perintahkan kepada MenPAN untuk mengganti dengan AI. Kalau diganti dengan artificial intelligence, birokrasi kita akan lebih cepat," ujar Jokowi dalam acara Kompas100 CEO Forum 2019, di Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta, Kamis 28 November 2019. (h/vva)


 Sumber : vivanews /  Editor : Heldi





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 25 Januari 2020 - 23:09:06 WIB

    Tjahjo: Tenaga Honorer di Daerah tak akan Dihapus, karena Masih Dibutuhkan

    Tjahjo: Tenaga Honorer di Daerah tak akan Dihapus, karena Masih Dibutuhkan JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo membantah ada penghapusan tenaga honorer di daerah oleh Kemenpan-RB sebab tenaga honorer dinilai masih dibutuhkan oleh .
  • Kamis, 23 Januari 2020 - 14:23:20 WIB

    Penghapusan Tenaga Honorer..! Ini Kata Tjahjo

    Penghapusan Tenaga Honorer..! Ini Kata Tjahjo JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Tenaga honorer di pemerintahan akan dihapus. Para honorer yang masih ada akan didorong untuk jadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)..
  • Sabtu, 18 Januari 2020 - 16:19:04 WIB

    MenPAN RB Tjahjo Jelaskan Teknis Pemindahan PNS ke Ibu Kota Baru

    MenPAN RB Tjahjo Jelaskan Teknis Pemindahan PNS ke Ibu Kota Baru JAKARTA, HARIANHALAUN.COM - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo memastikan bahwa pemindahan Aparatur Sipil Negara (ASN) ke ibu kota baru akan dilakukan secara menyeluruh dan tidak berta.
  • Selasa, 10 Desember 2019 - 07:27:32 WIB

    Kelola Anggaran Besar, Menpan RB Tjahjo 'Nasehati' Prabowo

    Kelola Anggaran Besar, Menpan RB Tjahjo 'Nasehati' Prabowo  JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Tim Strategi Nasional Pencegahan Korupsi mendorong Kementerian Pertahanan yang dipimpin Prabowo Subianto menerapkan sistem pengadaan barang dan jasa berbasis elektronik atau e-katalog. Kebijakan .
  • Kamis, 14 November 2019 - 00:40:46 WIB

    Tjahjo Kaji Tambah Perwira TNI-Polri, Pangkas Eselon PNS

    Tjahjo Kaji Tambah Perwira TNI-Polri, Pangkas Eselon PNS JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo mengatakan pemerintah tengah mengkaji penambahan perwira tinggi di Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dan .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM