Jual Pupuk Diatas HET, Wabup Pasaman: Kios Nakal Harus Ditindak Tegas


Selasa, 03 Desember 2019 - 10:42:43 WIB
Jual Pupuk Diatas HET, Wabup Pasaman: Kios Nakal Harus  Ditindak Tegas Wabup Atos Pratama saat memimpin rapat evaluasi KP3 di Aula Dinas Pertanian, Senin kemarin. YUDI

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM--Wakil Bupati Pasaman, Atos Pratama dibuat kesal oleh ulah sejumlah pedagang pupuk bersubsidi di daerah itu. Pasalnya, pupuk yang dijual ke petani melebihi harga eceran tertinggi (HET).

"Saya dibuat geram, karena selama ini masih ada kios yang menjual pupuk ke petani dengan harga yang lebih tinggi dari harga HET," ujarnya geram, saat memimpin rapat evaluasi Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP3), Senin (3/12/2019). 

Ia menegaskan, pedagang kios nakal itu harus segera ditindak untuk memberi efek jera. Padahal, kata dia, pemerintah pusat sejak 2004 telah mencanangkan program subsidi pupuk untuk membantu petani.

"Disaat pemerintah berbuat yang terbaik untuk rakyatnya dalam memperoleh pupuk dan sarana produksi pertanian agar lebih terjangkau, toh masih ada saja oknum yang mau ambil keuntungan," katanya. 

Penyaluran pupuk bersubsidi ini juga mempunyai masalah dan kendala lainnya dilapangan. Berbagai persoalan, diantaranya ketidaktepatan jumlah dan waktu ketersediaan pupuk, bahkan ada pupuk yang dijual diatas harga HET.

"Manajemen administratifnya kurang baik dan berbagai persoalan lainnya. Ini harus segera kita selesaikan sehingga petani tidak dirugikan," ungkap Atos. 

Ia berharap, permasalahan menyangkut pupuk bersubsidi ini dapat dituntaskan. Sehingga petani tidak lagi kesulitan mendapatkan pupuk begitu memasuki musim tanam ditahun berikutnya. 

"Saya berharap untuk tahun depan permasalahan pupuk dan pestisida ini tidak terjadi lagi," ujarnya. 

Ia mengatakan, bahwa pengadaan dan penyaluran pupuk bersubsidi telah diatur dalam peraturan Menteri Perdagangan RI Nomor : 15/M-DAG/PER/4/2013 tentang pengadaan dan penyaluran pupuk bersubsidi untuk sektor pertanian.

"Untuk harga pupuk bersubsidi telah ditetapkan berdasarkan peraturan Menteri Pertanian RI Nomor:47/PERMENTAN/SR.310/11/2018 tentang alokasi dan harga eceran tertinggi (HET)," katanya. (h/yud)


Reporter : YUDI /  Editor : dodi


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM