Kejurnas Sawahlunto Derby, Kuda Sumbar Mendominasi


Selasa, 03 Desember 2019 - 11:23:47 WIB
Kejurnas Sawahlunto Derby, Kuda Sumbar Mendominasi Kejurnas Pacuan Kuda Sawahlunto Derby 2018. RIKI-Harianhaluan.com

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM -- Di tengah dominasi kuda-kuda terbaik Sumatera Barat, Kuda Gayo Tensaren Tasik Aceh, kuda Kamasilan Jawa Timur dan putri Pagaran Tapanuli Utara akan unjuk kebolehan pembuktian jadi yang terbaik pada Kejuraraan Nasional (Kejurnas) di kelas 3 tahun jarak 1.500 meter bertajuk "Sawahlunto Derby 2019" di Gelanggang Kandi, Minggu (8/12).

Ketiga Kuda dari Aceh, Jawa Timur dan Sumut tersebut akan berpacu di final Sawahlunto Derby bersama 9 kuda lainnya asal Sumbar usai melewati babak pentisian, Minggu (24/11) lalu. Ketua Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Kota Sawahlunto, Irsal Adam menyampaikan apresiasinya kepada pemilik kuda luar Sumbar yang telah ikut dan berpartisipasi dalam kerjurnas pacuan kuda Sawahlunto Derby ini.

"Upaya maksimal akan kita upayakan untuk lebih suksesnya alek dalam rangka hari jadi kota yang ke 131 ini," katanya.

Lebih jauh diungkapkan ketua Pordasi, selain kelas bergengsi kelas 3 tahun Sawahlunto Derby, pada kejurnas yang telah menjadi kalender tahunan Pordasi Pusat itu juga menggelar kelas C/D 2 tahun perdana, AB 2 tahun Perdana, CD 2 tahun pemula, AB 2 tahun pemula, kelas E terbuka kelas CD terbuka, kelas Remaja -1.200 M, dan kelas AB 4 tahun 2.000 M.

Sementara joki kuda Putri Pagaran asal Tapanuli Utara Sumut, J Suranta mengakui sengitnya persaingan di kelas 3 tahun 1.500 meter Sawahlunto Derby. Bahkan sebutnya, karena banyaknya peminat terlebih dahulu harus mengikuti babak penyisihan untuk mennetukan 12 kuda yang akan berpacu di final nanti. "Dari 12 kuda itu, hanya 3 kuda dari Aceh, Jawa Timur dan Taput yang bisa lolos bersaing dengan kuda - kuda asal Sumbar," ujarnya.

Adapun 12 kuda terbaik di final 3 tahun 1.500 meter Sawahlunto Derby 2019 berhadiah total Rp150 juta tersebut, yakni Kuda Gayo Tensaren Tasik (Aceh) kuda Kamasilan ( Jawa Timur) kuda Putri Pagaran (Tapanuli Utara), Badoray Sky dan Bunia Sky (Bukittinggi), Rubicon (Solok), Gadis Impian (Sawahlunto), Puma (Bukittinggi), Alfatih Sri Gunting (Sawahlunto), Red Hard (Bukitinggi), Black Dragon (Bukittinggi) dan Merah Agogo (Bukittinggi). (*)


Reporter : RIKI YUHERMAN /  Editor : Dodi


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM