Antrean Guru dan Murid ke WC di Sekolah Ini Segera Berakhir, Ini Penyebabnya


Rabu, 04 Desember 2019 - 17:26:27 WIB
Antrean Guru dan Murid  ke WC di Sekolah Ini Segera Berakhir, Ini Penyebabnya Pengerjaan tempat jamban baru sebanyak 4 unit yang segera selesai pada 10 Desember 2019.TRISNALDI

PARIAMAN,HARIANHALUAN.COM- Antrean menggunakan tempat jamban antara guru dengan murid di Sekolah Dasar Negeri 19 V Koto Kampung Dalam, Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman, segera berakhir.

 

Hal itu disebab pembuatan jamban yang  baru  sudah hampir selesai.Tempat jamban yang baru itu 4 unit banyaknya, 2 unit untuk murid laki-laki, 2 unit lagi untuk murid perempuan, le gkap dengan sistem pengairan terbaik.

 Sementara 1 unit jamban yang lama direhab untuk guru. Jadi total jamban yang ada di sekolah tersebut 5 unit.
  

 Cukuplah dulu tempat jamban yang ada ini, kalau dari sisi standar aturan memang belum mencukupi.

   Sesuai standar aturan 1 unit  tempat jamban untuk 30 murit laki-laki dan untuk perempuan 1:25 artinya 1 unit tempat jamban digunakan oleh 25 murit perempuan.
 

   Pembuatan tempat jamban baru tersebut memanfaatkan dana DAK tahun 2019, sebesar Rp96.510.878,-. Dikerjakan mulai 10 Oktober 2019, dan pada 10 Desember ini selesai.
   

 Lebih dari tiga tahun sejak tahun 2016, di SD ini hanya punya satu tempat jamban, dan kamipun para guru gantian dengan murit menggunakanya, karena  cuma satu-satunya yang ada di sekolah ini.
   " Sekarang sudah lega, soal tempat jamban di sekolah, sudah ada lima unit, termasuk satu yang lama, empat baru, kata Syafrizal, Kepala Sekolah SD Negeri 19 V Koto Kampung Dalam," kepada harianhaluan.com, Rabu (4/12).
   

 Di SD tersebut jumlah guru ada 10 orang, 7 diantaranya PNS, 3 guru honor, 1 operator sekolah (honor), penjaga sekolah 1 orang, (honor). Sementara jumlah murid 150 orang, laki-laki 79 orang dan perempuan 71 orang.(tris)

Reporter : TRISNALDI /  Editor : Dodi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]