Dosen PNP Sulap TV Lebar RS Fitria Jadi Media Center dengan Konten Edukasi Kesehatan


Kamis, 05 Desember 2019 - 20:05:13 WIB
Dosen PNP Sulap TV Lebar RS Fitria Jadi Media Center dengan Konten Edukasi Kesehatan Tampilan salah satu content kesehatan yang ditampilkan di TV melalui mini PC, hasil karya pengabdian masyarakat dosen PNP di RS Fitria Padang pekan lalu. Dok/PNP

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Tim dosen Politeknik Negeri Padang (PNP) kembali turun gunung mengabdi di tengah-tengah masyarakat.

Kali ini, dosen Jurusan Teknik Elektro PNP menyulap media center Rumah Sakit Fitria, Jalan By Pass KM 6 Parak Karakah Padang menjadi media center yang informatif dengan konten-konten edukasi kesehatan.

Ketua Tim Dosen PNP, Zulharbi MT mengatakan, kegiatan pengabdian masyarakat tersebut merupakan program Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, Direktorat Jenderat Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan bertajuk Produk Teknologi yang di Desiminasikan ke Masyarakat (PTDM).

Foto tim pengabdian dengan pegawai klinik RS Fitria. Dok/PNP

Kegiatan itu dilatarbelakangi mempertimbangkan masih adanya sektor pembangunan yang kurang berkembang dan belum mampu bersaing kerena lemahnya penerapan, penguasaan dan pemanfaatan produk teknologi.

“Untuk itu, kami dari Politeknik Negeri Padang mengambil peran kali ini di bidang teknologi informasi di RS Fitria Padang,” ujar Zulharbi didampingi dosen anggota tim lainnya yakni, Humaira MT, Ronal Hadi M.Kom, Albar M.Kom dan Efendi MT, kemarin.

Sasaran kegiatan pengabdian masyara­kat dosen PNP Teknik Elektro di RS Fitria tersebut adalah penerapan sistem media center yang informatif dengan content edukasi kesehatan menggunakan mini PC yang terkoneksi dengan TV LED.

“Jadi, selain menonton channel TV nasional reguler, pasien juga bisa menikmati musik, video ataupun poster informatif melalui sistem media center,” ujarnya lagi.

Pada kegiatan pengabdian tersebut, lanjut Zulharbi, dosen PNP juga memberikan memberikan pelatihan keterampilan teknologi system konten media informasi tersebut sekaligus menyerahkan produk kepada mitra berupa sistem media center menggunakan mini PC.

Kemudian juga membuatkan informasi kesehatan yang menarik baik berupa, poster atau video tentang kesehatan. Memberikan layanan informasi kesehatan yang menarik secara visual, lebih interaktif dan kreatif selain menambah wawasan juga memberikan efek psikologis yang menyegarkan atau hiburan bagi pasien.  (*)


Reporter : Ist /  Editor : DavidR


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM