Erick Thohir: Kasus Harley di Garuda Tindakan Kriminal


Jumat, 06 Desember 2019 - 21:49:35 WIB
Erick Thohir: Kasus Harley di Garuda Tindakan Kriminal Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir

TANGERANG SELATAN, HARIANHALUAN.COM -- Menteri BUMN Erick Thohir menilai kasus motor Harley Davidson yang diselundupkan melalui pesawat baru Garuda merupakan tindakan kriminal. Erick pun telah memberhentikan dirut Garuda.

"Kalau kasus motor Harley Davidson yang kemarin, mohon maaf, kriminal," ujar Menteri BUMN Erick Thohir di Jakarta, Jumat (6/12).

Erick Thohir mengatakan, konferensi pers yang dilakukan secara bersama-sama Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Direktur Jenderal Bea Cukai serta Komisi XI DPR RI, itu terlihat jelas bahwa memang kasus Harley yang diduga ilegal tersebut menyalahi tata kelola korporasi yang baik.

"Kemarin Komisi XI DPR RI sudah menyampaikan, misalnya isu laporan keuangan yang sebelumnya dan sungguh melanggar good corporate governance," ujar Erick Thohir.

Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan paparan kronologis yang disampaikan terkait dugaan identitas pemilik sesungguhnya motor Harley Davidson yang ditengarai selundupan.

Erick mengungkapkan hal tersebut berdasarkan surat dari Dewan komisaris dan komite audit Garuda yang diterimanya.

Erick menjelaskan bahwa detail informasi menjabarkan bahwa AA memberikan instruksi untuk mencari motor klasik Harley Davidson tipe Shovelhead pada tahun 2018.

Lalu pembeliannya, lanjut Erick, dilakukan pada April 2019 dan proses transfer dari Jakarta dilakukan ke rekening pribadi Finance Manager Garuda di Amsterdam.

Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan paparan kronologis yang disampaikan terkait identitas pemilik sesungguhnya motor Harley Davidson tersebut.

Kedua surat tersebut diperlihatkan oleh Menteri BUMN Erick Thohir kepada para awak media yang hadir dalam konferensi pers yang turut dihadiri oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani, Direktur Jenderal Bea Cukai Heru Pambudi, dan tiga perwakilan dari Komisi XI DPR RI. (h/rep)


 Sumber : republka /  Editor : Heldi


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 17 Januari 2020 - 13:36:08 WIB

    Jadi Menteri, Gaji Erick Thohir 'Cuma' Rp 19 Juta?

    Jadi Menteri, Gaji Erick Thohir 'Cuma' Rp 19 Juta? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengaku, gaji yang ia terima jadi menteri jauh lebih sedikit dibanding saat jadi pengusaha. Erick bilang, gajinya saat ini sekitar Rp 19 juta..
  • Rabu, 15 Januari 2020 - 13:08:59 WIB

    Erick Thohir Kena Tegur Jokowi pada Acara Hipmi

    Erick Thohir Kena Tegur Jokowi pada Acara Hipmi JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegur Menteri BUMN Erick Thohir saat menghadiri acara pelantikan Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) periode 2019-2022, di Hotel Raffles, .
  • Jumat, 10 Januari 2020 - 20:55:24 WIB

    Erick Thohir Panggil Bos Asabri Minta Penjelasan Kondisi Perusahaan

    Erick Thohir Panggil Bos Asabri Minta Penjelasan Kondisi Perusahaan JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memanggil Direktur Keuangan dan Investasi PT Asabri (Persero) Rony Hanityo Apriyanto. Pemanggilan ini untuk meminta penjelasan terkait kondisi .
  • Kamis, 09 Januari 2020 - 19:20:28 WIB

    Erick Thohir Bakal Cicil Uang Nasabah Jiwasraya

    Erick Thohir Bakal Cicil Uang Nasabah Jiwasraya JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berjanji bakal mengupayakan agar PT Asuransi Jiwasraya (Persero) bisa mengembalikan uang nasabah yang selama ini belum dikembalikan karena skand.
  • Sabtu, 21 Desember 2019 - 16:02:31 WIB

    Dirut PLN Diumumkan Senin, Erick Thohir Sebut Nama Rudiantara

    Dirut PLN Diumumkan Senin, Erick Thohir Sebut Nama Rudiantara SURABAYA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir akan memutuskan sosok yang ditunjuk sebagai Direktur Utama PT PLN (Persero) pada Senin (23/12) mendatang..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM