Dampak Kompetisi, Dam Mural di Tanjung Sari Dibajiri Wisatawan 


Sabtu, 07 Desember 2019 - 23:14:39 WIB
Dampak Kompetisi, Dam Mural di Tanjung Sari Dibajiri Wisatawan  Pengujung in action di lukisan mural di Tanjung Sari Sawahlunto. RIKI YUHERMAN-Harianhaluan.Com

SAWAHLUNTO,HARIANHALUAN.COM- Hasil kreatifitas pelukis mural yang ikut Tanjung Sari Mural Competition 2019 di Kecamatan Lembah Segar Kota Sawahlunto, memancing banyak pengunjung untuk berswafoto dengan latar lukisan lukisan mural bertemakan Sawahlunto Kota Warisan Dunia.

 Inisiatif warga Tanjung Sari  ‘menyulap’ dam sepanjang jalan menjadi estetik dan instagramable ini dirasakan berhasil, dengan banyaknya warga yang berfoto atau swafoto, tidak saja warga lokal Sawahlunto tetapi juga pengunjung dari luar.

Salah satunya, Junmaidi warga Kabupaten Solok, yang sengaja datang ke Sawahlunto untuk melihat lukisan lukisan mural tersebut. Dia menilai, lukisan seni tinggi itu berpotensi untuk menarik kunjungan wisata ke Sawahlunto.

"Ini sangat unik, pasti bisa menjadi daya tarik pengunjung yang datang ke kita warisan dunia ini. Ide kreatif ini akan dapat menunjang pengembangan pariwisata Sawahlunto," katanya.

Hal senada juga diungkapkan pengunjung lainnya, Yudi, bersama rombongan kelurahan Tanah Lapang, sengaja untuk jalan santai menuju lokasi Mural. Selain berolahraga, juga bisa berswa foto berlatar gambar mural yang tersebar diseoanjang dam menuju Tanjung Sari Kelurahan Aur Mulyo Lembah Segar.

"Sengaja kami mengambil rute jalan santai ke Tanjung Sari. Selain olahraga juga bisa selfi. Agar tidak ketinggalan pula di upload ke media sosial," katanya.

Yudi dan rekan rekan juga sangat apresiasi dengan ide kegiatan membuat Mural di kawasan Tanjung Sari yang memiliki spot pemandangan kota tua Sawahlunto.

"Semoga Mural mural ini dapat terus terjaga, dan dapat menarik minat kunjungan ke Tanjung Sari, sehingga berdampak ekonomis kepada masyarakat sekitar," ujarnya.

Sementara Ketua Panitia Penyelenggara kompetisi Mural, Yogi Andika Hendraliza mengatakan, untuk jangka panjangnya, kawasan Tanjung Sari nampaknya juga bakal segera menjadi lokasi wisata baru yang diburu oleh warga untuk mendapatkan latar belakang foto selfie yang estetis. Terlihat saat ini saja, di sosial media Facebook dan Instagram, sudah mulai ramai dengan foto – foto warganet (netizen) di dinding warna – warni Tanjung Sari tersebut.(rki)


Reporter : RIKI YUHERMAN /  Editor : Dodi


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 09 Juli 2019 - 11:42:11 WIB

    Jadi Warisan Dunia, Tambang Ombilin Berdampak Besar Bagi Ekonomi Pariwisata

    Jadi Warisan Dunia, Tambang Ombilin Berdampak Besar Bagi Ekonomi Pariwisata PADANG, HARIANHALUAN.COM — Penetapan Tambang Batubara Ombilin (TBO) Sawahlunto sebagai warisan dunia pada sidang ke-43 Komite Warisan Dunia UNESCO di Pusat Kongres Baku, Azerbaijan, pada Sabtu (5/7) lalu dinilai bakal membe.
  • Kamis, 30 Juni 2016 - 05:34:38 WIB

    Imigrasi Cegah Dampak Negatif Kunjungan Orang Asing

    Imigrasi Cegah Dampak Negatif Kunjungan Orang Asing BINTAN, HALUAN — Dalam upaya mencegah serta meng­eliminasi dampak negatif seiring meningkatkannya orang asing yang datang ke Indonesia khu­susnya di Kabupaten Bintan. Kantor Imigrasi Klas II Tanjung­uban membentuk sekali.
  • Selasa, 08 Desember 2015 - 02:26:52 WIB

    Riau Undur Ujian Semester Sekolah Karena Dampak Asap

    PEKANBARU, HALUAN — Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Riau memutuskan mengundur ujian semester ganjil untuk semua jenjang pendidikan, sepekan lebih lambat dari jadwal, karena para siswa ter­ting­gal dalam pelajaran.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM