Sumarak FPM 2019, Sungai Tarab Juara Media Tradisional


Ahad, 08 Desember 2019 - 08:36:58 WIB
Sumarak FPM 2019, Sungai Tarab Juara Media Tradisional Sungai Tarab juara juara pertama . FERI

TANAH DATAR, HALUAN - Acara Pemilihan Media Tradisional 2019 yang digagas Pemerintah Kabupaten Tanah Datar melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), dapat memberikan warna baru dalam penyampaian informasi seluas-luasnya kepada seluruh masyarakat.

“Acara ini perlu dukungan bersama agar tujuan acara ini digelar dapat tercapai,” ujar Bupati Tanah Datar diwakili Sekda Irwandi, saat membuka acara itu secara resmi, di Gedung Nasional, Maharajo Dirajo, Batusangkar.

Acara diikuti sanggar seni dari 11 SLTA mewakili setiap kecamatan di seluruh Tanah Datar tersebut, dianggap strategis karena diselenggarakan bertempatan dengan suasana perhelatan Festival Pesona Minangkabau (FPM) tahun 2019.

“Saat ini juga sedang berlangsung kegiatan FPM sebagai usaha menyampaikan hasil program pemerintah agar diketahui masyarakat, momen inilah yang harus dimanfaatkan semua peserta pemilihan media tradisional untuk menyebarluaskan informasi dalam kemasan seni, adat dan budaya,” ujar Irwandi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Tanah Datar Abrar mengatakan dengan terselenggaranya Pemilihan Media Tradisional tingkat kabupaten Tanah Datar ini, diharapkan mampu memberikan dampak positif demi penyebarluasan informasi melalui Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), pada tahun ini terfokus mengembangan KIM di SLTA se Kabupaten Tanah Datar.
“Mudah-mudahan acara ini dapat menjadi solusi alternatif untuk penyebarluasan informasi pembangunan, serta membuka peluang kemitraan untuk pemerintah dengan masyarakat dalam upaya penangkalan terhadap aspek negatif yang berkembang di tengah-tengah masyarakat,” ujar Abrar.

Tergabung tim penjurian Kepala Bidang IKP Diskominfo Tanah Datar Yendra Aprillia mengatakan, dengan melibatkan generasi muda dalam pergelaran Media Tradisional, ia berharap penyebaran informasi melalui adat, seni dan budaya dapat berkembang lebih baik lagi.

“Cerita yang disampaikan banyak diangkat dari legenda rakyat, diimprovisasi menjadi sajian pertunjukan bermuatan informasi. Penampilan para peserta pemilihan Media Tradisional pada umumnya bagus, dan pemenang dipilih secara selektif,” ujar Yendra.

Dari hasil penjurian Pemilihan Media Tradisional tahun 2019 Juara 1 Kecamatan Sungai Tarab, Juara 2 Kecamatan Sungayang, Juara 3 Kecamatan Rambatan dan Juara Favorit Kecamatan Padang Ganting.

“Pemenang di ajang Pemilihan Media Tradisional ini, bakal diikutsertakan pada ajang Pemilihan Media Tradisional tingkat Sumatera Barat Tahun 2020 mendatang,” tambah Yendra. (h/fma)


Reporter : FERI MALANA /  Editor : Dodi


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM