Kunjungi Humas Polda, Mahasiswa S2 Ilmu Komunikasi Unand Observasi Sistem Layanan Informasi Kepolisian Sumbar


Ahad, 08 Desember 2019 - 10:50:24 WIB
Kunjungi Humas Polda, Mahasiswa S2 Ilmu Komunikasi Unand Observasi Sistem Layanan Informasi Kepolisian Sumbar Subid PID Humas Polda Sumbar, Jhoni bersama mahasiswa S2 Ilmu Komunikasi Unand saat kunjungan observasi, 13 November lalu. PUTRI/Harianhaluan.com

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Mahasiswa Pascasarjana Ilmu Komunikasi Universitas Andalas (Unand) Padang mengadakan observasi system informasi dan pelayanan website di Bidang Kehumasan Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat, Padang 13 November lalu. Kelompok mahasiswa S2 beranggotakan 5 orang tersebut diterima Kasubid PID Kehumasan Polda Sumbar, Jhoni.

Padang kesempatan itu, Jhoni menuuturkan, bidang Humas merupakan bagian penting dari tubuh organisasi instansi kepolisian. Bidang ini secara khusus menangani bidang kehumasan dan melakukan pelayanan informasi kepada pihak internal serta eksternal.

Salah satu tujuan bidang humas sendiri adalah untuk membangun dan menciptakan citra yang positif di tengah masyarakat melalui cara transparansi informasi. “Tentu dengan harapan agar kesan dan opini publik terhadap Polda Sumatera Barat dapat berubah, tidak melulu di pandang dengan stigma negative,” ujar Jhoni dihadapan mahasiswa S2 Ilmu Komunikasi Unand tersebut.

Dia menambahkan, moto Humas Polda Sumbar sendiri tersirat pada Logo Humas Polri yang bermakna Obyektif, Dipercaya dan Partisipasi. Bidang Humas kemudian disebut Bidhumas yang mana terdapat unsur Pimpinan yaitu Kabidhumas, Pengawas, Pembantu Pimpinan yang semuanya berada dibawah Kapolda.

“Tugasnya yaitu menyelenggarakan kegiatan hubungan masyarakat di tingkat Polda, mengelola informasi, penyajian data, dokumentasi, melaksanakan kerjasama, dan melaksanakan Anev kegiatan,” tambahnya.

Susunan organisasi Bidhumas sendiri terdiri dari Kabidhumas, Sub Bagremin, Subbid Penmas (Penerangan Masyarakat), Subbid PID, Subbid Multimedia.

Menganai alur rilis berita di website, Kasubid PID mengungkapkan, PID tugasnya mencari segala sesuatu terkait bahan berita. PID bertugas melakukan peliputan, informasi. Apapun berita tentang kepolisian mulai dari Polda sampai ke Polres-polres. Setelah berita tersebut diolah tugas PID selesai. Penmas melanjutkan tugas PID, disini bahan berita sudah ada. Tugas lainnya adalah melakukan talkshow di TV tentang kegiatan dan tugas-tugas pokok kepolisian, kemudian menggalang dan menjalin kerjasama dengan wartawan (online dan offline), media mainstream yang ada di daerah tersebut seperti Singgalang, Haluan dan media lainnya.

“Sedangkan bagian Multimedia adalah menyajikan informasi melalui media sosial, serta melakukan desiminasi informasi kepolisian,” tambahnya lagi.

Salah satu kegiatan humas seperti yang disebutkan diatas, untuk menunjang pelayanan dan penyuguhan informasi kepada publik, Humas Polda sumbar mempunyai official website khusus yaitu https://poldasumbar.info.polri.go.id/ yang mana website tersebut disediakan dan diakses untuk kepentingan publik. Didalamnya tersedia beberapa kanal yang juga langsung linking ke website Polres di seluruh kota dan kabupaten di Sumatera Barat. Official website ini juga dilengkapi dengan menu “Layanan” yang mana didalamnya berisi pelayanan SKCK Online, Tata Cara Pembuatan SIM, Perizinan Pembuatan Surat Izin Keramaian, SP2HP, dll.

Khusus untuk kanal informasi yang mana berisi berita up to date mengenai kegiatan dan peristiwa, pengunjung website diarahkan pada menu “berita” yang langsung linking pada website https://tribratanews.sumbar.polri.go.id/. Website tersebut khusus berisi mengenai peristiwa dan kegiatan polda dan seluruh polres di sumatera barat. Berita Viral kejadian misalnya kecelakaan, tawuran, penyematan penghargaan dll berada di website https://tribratanews.sumbar.polri.go.id/.

Sementara itu, Ika Putri mewakili mahasiswa mengungkapkan, hasil observasi mereka dari kunjungan tersebut menyimpulkan Sistem Pelayanan Informasi dan kehumasan di Humas Polda Sumbar cukup baik. Mengingat ditunjang dengan website yang memudahkan publik untuk mengetahui informasi sekaligus menjadi pintu pelayanan publik.

“Namun kami mengobservasi selain dari pihak Humas Polda, tentu juga dengan khalayak atau pengunjung website. Komentar positif disampaikan masyarakat dengan adanya website Polda Sumbar ini. Namun, ada juga keluhan publik diana website dikatakan sering trouble “tidak bisa dibuka”. Serta harapan lain dari publik agar pelayanan via website dan teknis secara langsung agar dapat berimbang.  Artinya, pelayanan online bagus, pelayanan teknis juga diharapkan tidak kalah bagus,” ujar Putri menambahkan. (*)

 

Reporter : Ika Primastuti Putri /  Editor : DavidR

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 25 Februari 2020 - 20:49:36 WIB

    Belajar Robotik, SMK N 1 Lintau Buo Kunjungi PNP

    Belajar Robotik, SMK N 1 Lintau Buo Kunjungi PNP PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Rombongan siswa-siswi dari SMK Negeri 1 Jurusan Elektronika, Konsentrasi Audio-video Lintau Buo, Kabupaten Tanah Datar melakukan study tour ke Politeknik Negeri Padang (PNP) di Jalan Kampus, Limau .
  • Jumat, 07 Februari 2020 - 09:32:31 WIB

    Perdalam Ilmu Jurnalistik, 35 Siswa SMP Al-Ishlah Bukittinggi Kunjungi Haluan

    Perdalam Ilmu Jurnalistik, 35 Siswa SMP Al-Ishlah Bukittinggi Kunjungi Haluan PADANG, HARIANHALUAN.COM - Untuk memperdalam ilmu mengenai jurnalistik 35 orang murid SMP Al-Ishlah Bukittinggi, khususnya siswa pencinta jurnalistik, berkunjung ke kantor SKH Haluan, Kamis (6/2)..
  • Senin, 13 Januari 2020 - 19:55:20 WIB

    Kunjungi Pesantren Subulussalam, Satlantas Unit Dikyasa Polres Pasbar Beri Penyuluhan

    Kunjungi Pesantren Subulussalam, Satlantas Unit Dikyasa Polres Pasbar Beri Penyuluhan PASAMAN BARAT, HARIAN HALUAN.COM---Untuk menekan angka kecelakaan berlalulintas, Jajaran Satlantas Polres  Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) melalui Unit Dikyasa Polres Pasbar, lakukakan sosialisasi budaya tertib berlalu lint.
  • Senin, 16 Desember 2019 - 18:03:39 WIB

    Siswa MA Subulussalam Kunjungi UBH

    Siswa MA Subulussalam Kunjungi UBH PADANG,HARIANHALUAN.COM-Sebagai perguruan tinggi swasta yang berkualitas dan menjaga integritas, Universitas Bung Hatta terus berupaya untuk memperkenalkan keunggulan institusi dan sosialisasi ke para siswa..
  • Selasa, 22 Oktober 2019 - 17:45:52 WIB

    Kepala SMK Genus Kunjungi SMK Putrajaya Presint (16)1 Kuala Lumpur

    Kepala SMK Genus Kunjungi SMK Putrajaya Presint (16)1  Kuala Lumpur BUKITTINGGI,HARIANHALUAN.COM--Kepala SMK Kesehatan Gema Nusantara (SMK Genus) Bukittinggi Defi Endri berkunjung ke SMK Putrajaya Presint (16) 1 Kuala Lumpur, Malaysia dalam rangka silaturahmi dan membuka peluang kerjasama hom.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM