Bupati Pakai Mobil Dinas Rubicon, Begini Tanggapan Sosiolog


Ahad, 08 Desember 2019 - 17:24:30 WIB
Bupati Pakai Mobil Dinas Rubicon, Begini Tanggapan Sosiolog Ilustrasi

SOLO, HARIANHALUAN.COM - Pembelian Jeep Wrangler Rubicon untuk mobil dinas Bupati Karanganyar membuat pro dan kontra di kalangan masyarakat. Sosiolog UNS Solo, Drajat Tri Kartono, menilai hal tersebut tak seharusnya dilakukan dan akan semakin memperlebar jurang kesenjangan.

"Dari segi kebutuhan masyarakat, nanti menimbulkan kesenjangan yang jauh. Seolah-olah pemerintah tidak peduli penderitaan rakyat yang masih banyak yang susah. Kan bisa beli yang tidak sesensasi itu," kata Drajat.

Dia juga menyarankan agar jajaran pemerintah lebih menjalankan fungsi dan tugasnya ketimbang melakukan pencitraan. Pemerintah diminta lebih sederhana untuk menjaga keselarasan dengan rakyat.

"Jangan tergiur model pencitraan media sosial, yang dicari yang eksotik, menarik, keren, sensasional. Sebaiknya pemerintah itu sederhana saja, santun, kerja keras. Itu yang dibutuhkan saat ini," pungkasnya.

Lebih lanjut Drajat juga menilai pembelian mobil dinas seharga Rp 1,989 miliar itu bukan sebuah hedonisme, melainkan sesuatu yang sensasional.

"Orang-orang hedonisme ini memuja-muha berbagai hal yang menunjukkan kesenangan dan kelebihannya. Tapi kalau ini (Rubicon untuk bupati) saya sebut sensasional," paparnya.

Menurutnya, orang-orang saat ini memiliki pola hidup yang ingin mendapatkan perhatian. Dengan sensasi tersebut diharapkan bisa memperoleh penghormatan. "Misal mobil mewah, itu menaikkan modal simboliknya, yaitu reputasi. Kemudian mendapatkan penghargaan dan penghormatan orang yang sifatnya material," ujar dia.

Contoh lain ialah lampu-lampu kota yang gemerlap. Padahal bisa saja pemerintah memasang lampu yang cukup untuk menerangi jalan.

"Gemerlap lampu kota sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan, yang penting fungsinya. Tapi itu tetap dilakukan untuk senasi, agar diperhatikan," tegasnya.(*)
 


 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 08 Januari 2020 - 23:05:24 WIB

    Begini Kronologi Kasus Suap Bupati Sidoarjo

    Begini Kronologi Kasus Suap Bupati Sidoarjo Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan enam orang sebagai tersangka terkait kasus dugaan suap pengadaan proyek infrastruktur di Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Sidoarjo. Satu di antaranya i.
  • Selasa, 19 November 2019 - 13:43:53 WIB

    KPK Cegah Bupati Solok Selatan ke Luar Negeri

    KPK Cegah Bupati Solok Selatan ke Luar Negeri JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencegah ke luar negeri terhadap dua tersangka kasus korupsi pengadaan barang dan jasa di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat. Dua tersangka itu, yakni Bupati.
  • Selasa, 22 Oktober 2019 - 07:49:45 WIB

    Drama Bupati Tetty Batal Jadi Menteri Jokowi

    Drama Bupati Tetty Batal Jadi Menteri Jokowi JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Berkemeja putih lengan panjang lengkap dengan kacamata hitam, Christiany Eugenia Tetty Paruntu tiba di Istana Negara, Jakarta, Senin (21/10/2019). Namun bukan jabatan menteri yang dia dapatkan, jus.
  • Senin, 21 Oktober 2019 - 13:27:44 WIB

    3 Jam Dipanggil Jokowi, Kok Bupati Minahasa Selatan Belum Keluar Istana?

    3 Jam Dipanggil Jokowi, Kok Bupati Minahasa Selatan Belum Keluar Istana? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Tetty Paruntu juga dipanggil Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Istana di hari pengenalan calon menteri 2019-2024. Sudah hampir 3 jam Tetty belum keluar Ist.
  • Senin, 21 Oktober 2019 - 09:11:01 WIB

    Duh..! Bule Asal Spanyol Ikut Daftar Jadi Bakal Calon Bupati Lewat Nasdem

    Duh..! Bule Asal Spanyol Ikut Daftar Jadi Bakal Calon Bupati Lewat Nasdem SAMOSIR, HARIANHALUAN.COM - Seorang bule asal Spanyol, Carlos, mendaftarkan diri sebagai bakal calon bupati Samosir, Sumatera Utara (Sumut), lewat NasDem. Bagaimana ceritanya?.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM