Awas! Gara-Gara Masalah Ini WhatsApp Anda Bisa Dihapus


Ahad, 08 Desember 2019 - 18:06:26 WIB
Awas! Gara-Gara Masalah Ini WhatsApp Anda Bisa Dihapus Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pengguna layanan chat WhatsApp tak bisa begitu saja abai dengan masa aktif akun WhatsApp mereka. Ini karena pihak WhatsApp bisa saja menghapus akun Anda, karena sudah melewati batas tak aktif yang ditentukan.

Misalnya, para pengguna WhatsApp di Kashmir tak bisa lagi menggunakan layanan chat milik Facebook tersebut, kabarnya jumlahnya mencapai puluhan ribu. Mereka ditendang dari WhatsApp karena lama tidak aktif.

Kejadian ini salah satu efek pemadaman internet selama empat bulan yang diberlakukan pemerintah India setelah wilayah tersebut dilucuti dari otonominya pada Agustus lalu.

Seperti dikutip dari detikcom, warga Kashmir yang menggunakan akun WhatsApp pun mulai menghilang secara massal dari group. Juru bicara Facebook mengatakan, penghapusan dilakukan sebagai bagian dari kebijakan WhatsApp tentang akun yang tidak aktif.

"Untuk menjaga keamanan dan membatasi penyimpanan data, akun WhatsApp pada umumnya akan berakhir setelah 120 hari tidak aktif. Ketika itu terjadi, akun-akun itu secara otomatis keluar dari grup WhatsApp mereka," kata juru bicara Facebook.

Dijelaskan juru bicara tersebut, para pengguna perlu ditambahkan ulang ke grup setelah mendapatkan kembali akses ke internet dan bergabung kembali dengan WhatsApp. Namun Facebook tidak mengungkap berapa banyak warga Kashmir yang terdampak.

Untuk diketahui, WhatsApp punya 400 juta pengguna di India. Jumlah yang masif ini tentu saja membuat India menjadi pasar terbesar WhatsApp.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri India Subrahmanyam Jaishankar mengatakan pemadaman internet terpaksa dilakukan untuk mencegah hal-hal tidak diinginkan.

"Media sosial dan internet telah disalahgunakan untuk meradikalisasi orang," ujarnya. Namun tidak diketahui hingga kapan pemadaman internet di Kashmir berlangsung.

 Sumber : CNBC /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 17 April 2020 - 22:52:58 WIB

    Awas! Facebook 'Intai' Pengguna yang Sebar Hoax Corona

    Awas! Facebook 'Intai' Pengguna yang Sebar Hoax Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Facebook menerapkan kebijakan baru untuk mencegah penyebaran hoax dan misinformasi seputar virus Corona di platform-nya. Kali ini mereka akan memberi peringatan bagi pengguna yang berinteraksi .
  • Kamis, 19 Maret 2020 - 18:27:39 WIB

    Awas! Twitter Bakal Lenyapkan Tweet yang Bikin Corona Makin 'Perkasa'

    Awas! Twitter Bakal Lenyapkan Tweet yang Bikin Corona Makin 'Perkasa' JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Twitter akan mengambil langkah-langkah tambahan untuk menghapus tweet yang menempatkan orang pada risiko tertular virus corona..
  • Jumat, 17 Januari 2020 - 09:05:46 WIB

    Awas! 17 Aplikasi Ini Bikin Baterai Ponsel Boros

    Awas! 17 Aplikasi Ini Bikin Baterai Ponsel Boros JAKARTA, HARIAANHALUAN.COM - Bitdefender, perusahaan cybersecurity dan antivirus menemukan 17 aplikasi mobile yang mengurasi daya baterai ponsel dengan cepat habis..
  • Rabu, 16 Oktober 2019 - 11:06:15 WIB

    Awas! Ini Daftar 15 Aplikasi Berbahaya di Android

    Awas! Ini Daftar 15 Aplikasi Berbahaya di Android JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pakar keamanan Sophos mengungkap 15 aplikasi berbahaya yang selama ini sudah dipasang (install) oleh pengguna ponsel dan tablet Android. Sophos menemukan saat ini aplikasi berbahaya tersebut masi.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]