Mahasiswa S2 Ilmu Komunikasi Unand Analisa Website Kanwil Kemenkumham Sumbar


Ahad, 08 Desember 2019 - 22:04:50 WIB
Mahasiswa S2 Ilmu Komunikasi Unand Analisa Website Kanwil Kemenkumham Sumbar Staf Humas Kanwil Kemen Kumham Sumbar, Febryo Feliandra bersama mahasiswa S2 Ilmu Komunikasi Unand usai observasi lapangan, Selasa (19/11). Ist.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Humas Kanwil Kemenkumham Provinsi Sumatera Barat menerima kunjungan enam orang mahasiswa Pascasarjana Unand dalam rangka menganalisis website kantor perpanjangan tangan Kementerian Hukum dan HAM tersebut.

Rombongan mahasiswa pascasarjana ini terdiri dari Stefan, Agung, Nurul, Nike, Okta dan Jamil yang berasal dari  program Magister Ilmu Komunikasi FISIP Unand. Kedatangan mereka disambut baik oleh Bagian Humas Kanwil Kemenkumham Provinsi Sumatera Barat diwakili oleh salah satu stafnya, yakni Bapak Febryo Feliandra (Ryo).

Dalam pertemuan yang berlangsung selama lebih kurang 45 menit tersebut, para mahasiswa ilmu komunikasi ini sangat antusias dalam menanyakan beberapa pertanyaan seputar website dan proses peliputan berita yang dilakukan oleh bagian Humas Kanwil Kemenkumham Provinsi Sumbar.

Ryo menjelaskan, dalam menampilkan informasi di website resmi Kanwil Kemenkumham Provinsi Sumbar yang beralamat di https://sumbar.kemenkumham.go.id/, Tim Humas menargetkan tiap unit satuan kerja di bawah Kanwil Kemenkumham Provinsi Sumbar menyampaikan minimal satu berita per harinya, di mana penerbitan berita juga melalui tahapan pengolahan terlebih dahulu oleh Kanwil Kemenkumham Provinsi Sumbar sebelum berita tersebut diterbitkan di website. 

Hanya saja terkadang tidak semua berita mengenai satuan unit kerja di bawah Kanwil Kemenkumham Provinsi Sumbar dapat diketahui di website Kanwil Kemenkumham Provinsi Sumbar, hal ini dikarenakan penerbitan berita pada website didasarkan pada laporan langsung dari masing-masing satuan unit kerja kepada Tim Humas. Sehingga, bagi unit kerja yang tidak mengirimkan laporan atau berita terkait unit kerjanya, informasi mengenai unit kerja yang bersangkutan tidak akan dapat ditelusuri dalam laman website.

Ryo juga mengungkapkan, “dilihat dari tupoksi yang ada di masing-masing unit kerja di bawah Kanwil Kemenkumham Provinsi Sumbar, tidak ada staf khusus secara administrasi yang bertugas untuk meliput berita, namun pimpinan secara langsung yang menunjuk siapa yang akan melakukan peliputan berita.”

 Informasi lainnya yaitu, server yang ada hanya tersedia di pusat, sehingga tak jarang  terjadi server down dalam mengakses website Kanwil Kemenkumham Provinsi Sumbar ini. Namun, secara keseluruhan, website Kanwil Kemenkumham Provinsi Sumbar tersebut sudah cukup baik dilihat dari proses peliputan berita, pengolahan berita sampai kepada panyajian beritanya. (*)

Artikel ini ditulis mahasiswa magang, Stefan, Agung, Nurul, Nike, Okta dan Jamil yang berasal dari  program Magister Ilmu Komunikasi FISIP Unand


Reporter : Ist /  Editor : DavidR


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM