Kok Bisa..?? Dikira Sudah Meninggal, Pendaki Gunung Ini Hidup Kembali


Ahad, 08 Desember 2019 - 22:19:41 WIB
Kok Bisa..?? Dikira Sudah Meninggal, Pendaki Gunung Ini Hidup Kembali Ilustrasi

SPANYOL, HARIANHALUAN.COM - Belum lama ini publik dikejutan dengan berita seorang pendaki gunung yang mengalami hipotermia parah. Tapi siapa sangka, wanita asal Inggris ini bangkit kembali setelah selama 6 jam jantungnya berhenti berdektak.

Memang sebaiknya sebelum melakukan perjalanan jauh atau mendaki, Anda sebaiknya mempersiapkan segala sesuatunya secara matang termasuk soal kesehatan.

Agar nantinya, selama pendakian tak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Dilansir dari laman Metro, Minggu (8/12/19), wanita bernama Audrey Mesh ini berangkat mendaki bersama suaminya menuju pegunungan Pyrenees di Spanyol Utara.

Mendadak, istri dari pria bernama Rohan Schoeman ini mengalami hipotermia parah dan jantungnya berhenti berdetak.

Sang suami dan Audrey ditemukan dalam keadaan dingin serta nadinya berhentu oleh petugas pemadam kebakaran.

Akhirnya mereka dibawa menuju rumah sakit Vall d'Hebronn Barcelona, dan ajaibnya, pendaki gunung wanita yang mengalami hipotermia tadi kembali hidup.

"Aku tak mengingat apapun saat akhir pekan itu," sebut Audrey.

Dr Eduard Argundo selaku dokter yang merawat Audrey mengatakann bahwa dirinya mengalami suatu peristiwa yang luar biasa, di mana hipotermia ekstrem justru sudah menyelamatkan wanita itu.

Ketika tiba di rumah sakit, dokter berusaha untuk membangunkan Audrey menggunakan mesin khusus jantung dan paru-paru untuk menjaga oksigen agar tetap masuk arteri sembari menghangatkan tubuhnya dengan suhu 30 derajat Celcius.

Pemulihan jantung dengan alat defibrillator juga telah digunakan oleh sang dokter, namun hasilnya tetap nihil.

Tepat pada pukul 21.46 malam, tim medis kembali mencoba untuk memulihkan Audrey. Sebuah mukjizat yang tak disangka-sangka hadirnya, jantung Audrey mulai berdetak sendiri.

Beruntung, setelah sempat dibius selama 48 jam untuk pemindaian seluruh tubuh, berselang tiga hari Audrey dapat berbicara dan bangun.

Beruntungnya lagi, Audrey tidak mengalami kerusakan otak meski jantungnya sempat berhenti lama.

Faktor yang menyelamatkan jiwa Audrey bukan lain adalah penyakit hipotermia akut itu senditi.

"Hipotermia memang nyaris menyebabkan Audrey meninggal dunia, namun pada saat yang bersamaan penyakit ini menyelamatkan nyawanya," sebut Argudo sang dokter.

"Jika Audrey menderota serangan jantung dalam jangka waktu lama dan suhu normal, kita dapat memastikan kematiannya.Tetapi dengan mengalami hipotermia parah, wannita ini punya pulang untuk selamat," tutup sang dokter. (h/sua)


 Sumber : suara.com /  Editor : Heldi


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 18 Januari 2020 - 14:31:03 WIB

    Lelaki Tewas Terbunuh Ayam Adu, Kok Bisa?

    Lelaki Tewas Terbunuh Ayam Adu, Kok Bisa? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - JAKARTA - Seorang lelaki berusia 55 tahun terbunuh saat menonton sabung ayam. Ia meregang nyawa setelah sebuah pisau tajam yang diikatkan ke salah satu ayam jantan menghujam perutnya..
  • Rabu, 15 Januari 2020 - 01:22:20 WIB

    Satpol PP Payakumbuh Turunkan Spanduk Rokok

    Satpol PP Payakumbuh Turunkan Spanduk Rokok PAYAKUMBUH,HARIANHALUAN.COM--Tim Penegak Peraturan Daerah (Perda) Kota Payakumbuh melakukan penertiban disejumlah tempat. penertiban terhadap mereka yang melanggar Peraturan Daerah itu dilakukan Satpol-PP Payakumbuh sepanjang.
  • Ahad, 29 Desember 2019 - 13:42:38 WIB

    Dua Pelaku Tertangkap, Tapi Kok Novel Baswedan Bilang. . . .

    Dua Pelaku Tertangkap, Tapi Kok Novel Baswedan Bilang. . . . JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Dua pelaku penyiraman air keras kepada penyidik senior KPK, Novel Baswedan, telah diamankan oleh pihak kepolisian. Kedua pelaku berinisial RM dan RB telah dikonfirmasi berstatus sebagai anggota pol.
  • Sabtu, 21 Desember 2019 - 21:05:38 WIB

    Puluhan Jeriken Solar Bersubsidi Diamankan, Seorang Tersangka Dicokok Polres Dharmasraya

    Puluhan Jeriken Solar Bersubsidi Diamankan, Seorang Tersangka Dicokok Polres Dharmasraya DHARMASRAYA, HARIAN HALUAN.COM- Satuan Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Dharmasraya kembali amankan puluhan jerigen berisi Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar bersubsidi, satu orang tersangka berhasil dicokok polis.
  • Kamis, 19 Desember 2019 - 13:40:06 WIB

    Wuih Banyak! 2,7 Juta Batang Rokok Ilegal Dimusnahkan Bea Cukai

    Wuih Banyak!  2,7 Juta Batang Rokok Ilegal Dimusnahkan Bea Cukai JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Dirjen Bea Cukai melakukan pemusnahan sebanyak 2.777.114 batang rokok dan 14.719 botol minuman keras ilegal berbagai merek senilai Rp 6.462.090.500 dengan kerugian negara ditaksir mencapai Rp 5.524.63.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM