Kenapa Jokowi Peringati Hari Antikorupsi di SMK 57, Bukan di KPK? Ini Alasannya...


Senin, 09 Desember 2019 - 14:26:37 WIB
Kenapa Jokowi Peringati Hari Antikorupsi di SMK 57, Bukan di KPK? Ini Alasannya... Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih untuk menghadiri pentas drama 'Prestasi Tanpa Korupsi' di SMKN 57 Jakarta Selatan, Senin (9/12) pagi. Padahal di waktu yang sama, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga menggelar acara peringatan Hari Antikorupsi sedunia (Hakorda) yang digelar di Gedung Merah Putih KPK. Acara di KPK akhirnya dihadiri oleh Wakil Presiden Maruf Amin. 

Usai menyaksikan pentas drama yang diperankan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, Jokowi pun menyampaikan alasannya lebih memilih hadir dalam pagelaran pentas drama ketimbang acara resmi yang digelar di KPK. Jokowi menyebutkan, setiap tahunnya dirinya selalu hadir dalam acara peringatan Hari Antikorupsi Sedunia yang diadakan di Gedung KPK. Baru tahun ini saja dirinya absen.

"Hanya ini kan Pak Maruf belum pernah ke sana, ya bagi-bagi lah masa setiap taun saya terus, ini Pak Maruf belum pernah kesana, silahkan Pak Maruf saya di tempat lain," kata Jokowi. 

Pementasan drama di SMKN 57 Jakarta pagi tadi diperankan oleh sejumlah menteri, di antaranya Mendikbud Nadiem Makarim dan Menparekraf Wisnutama sebagai siswa SMK. Kemudian ada juga Menteri BUMN Erick Thohir yang berperan sebagai penjual bakso. Poin cerita dari pentas drama yang dimainkan para menteri ini, bahwa perilaku antikorupsi harus ditanamkan sejak dini melalui tindakan-tindakan kecil. 

"Yang namanya korupsi itu tidak boleh, sekecil apapun itu tetap korupsi. Lalu nepotisme, masuk perguruan tinggi mentang-mentang bapaknya pejabat, nggak pakai aturan main, itu juga tidak boleh," kata Jokowi di hadapan perwakilan siswa SMA dan SMK DKI Jakarta.(*)


 Sumber : Republika /  Editor : NOVA


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 25 Januari 2020 - 08:08:34 WIB

    Petinggi Partai Milik Tommy Soeharto Desak Sekjennya Undur Diri, Kenapa?

    Petinggi Partai Milik Tommy Soeharto Desak Sekjennya Undur Diri, Kenapa? NASIONAL, HARIANHALUAN.COM -- Ketua DPP Partai Berkarya Badaruddin Andi Picunang mendesak Sekjen Priyo Budi Santoso mengundurkan diri dari jabatannya karena diduga terlibat korupsi pengadaan Alquran..
  • Jumat, 03 Januari 2020 - 17:38:38 WIB

    Lho..!? Penduduk Ibu Kota Baru Dibatasi 2,75 Juta Orang, Kenapa?

    Lho..!? Penduduk Ibu Kota Baru Dibatasi 2,75 Juta Orang, Kenapa? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan telah melakukan sejumlah antisipasi agar banjir di Jakarta nantinya tidak menular di kawasan ibu kota baru, Kalimantan Timur..
  • Selasa, 31 Desember 2019 - 11:10:10 WIB

    Sjafrie Jadi Anak Buah Prabowo, Kenapa Johannes Suryo Nggak?

    Sjafrie Jadi Anak Buah Prabowo, Kenapa Johannes Suryo Nggak? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Staf Khusus Menteri Pertahanan Bidang Komunikasi Publik dan Hubungan Antar-lembaga Dahnil Anzar Simanjuntak membenarkan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menunjuk kawan lamanya di Akademi Militer.
  • Senin, 09 Desember 2019 - 08:40:01 WIB

    Tak Hadiri Acara Hari Antikorupsi, Kenapa Jokowi 'Enggan' Penuhi Undangan KPK?

    Tak Hadiri Acara Hari Antikorupsi, Kenapa Jokowi 'Enggan' Penuhi Undangan KPK? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo tak memenuhi undangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menghadiri peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia), Senin (9/12), yang digelar di Gedung KPK, Jakarta..
  • Jumat, 22 November 2019 - 07:19:00 WIB

    Masyarakat Diminta Terus Tekan Jokowi, Kenapa?

    Masyarakat Diminta Terus Tekan Jokowi, Kenapa? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Tim Advokasi Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta masyarakat tidak berhenti menekan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar menerbitkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM