Batang Kuantan Meluap, Dua Nagari di Sijunjung Terisolir


Senin, 09 Desember 2019 - 18:28:56 WIB
Batang Kuantan Meluap, Dua Nagari di Sijunjung Terisolir Sungai Batang Kuantan meluap dan menggenangi jalan utama menuju Nagari Durian Gadang dan Nagari Silokek di Kecamata Sijunjung, Senin (9/12) . Foto: OGI SUNANDAR-Harianhaluan.Com

SIJUNJUNG,HARIANHALUAN.COM- Dua Nagari di Kecamatan Sijunjung terisolir akibat sungai Batang Kuantan meluap, Senin (9/12). Banjir juga menggenangi ruas jalan menuju kawasan tersebut hingga melumpuhkan aktivitas perdagangan.

Meski tak bisa beraktivitas seperti biasa, hingga Senin petang, warga masih bertahan di Nagari masing-masing. Warga khawatir banjir akan bertambah parah karena hujan deras terus turun.

Kepala BPBD Sijunjung Hardiwan SP mengatakan bahwa hujan deras yang turun selama beberapa hari berturut-turut mengakibatkan Sungai Batang Kuantan tak lagi mampu menampung debit air. Akibatnya, Sungai tersebut meluap dan menggenangi jalan akses utama menuju dua kenagarian di Kecamatan Sijunjung yaitu Nagari Durian Gadang dan Nagari Silokek sehingga kendaraan bermotor tak bisa melewati jalan tersebut. 

 " Untuk sementara ini, warga di Kenagarian Durian Gadang dan Nagari Silokek terisolir karena debit air masih tinggi dan menggenangi akses utama warga di dua Kenagarian tersebut, jalan belum bisa dilalui. Dan jalan bisa kembali dilewati jika air sudah surut," ujar Hardiwan, Senin (9/12).

Meskipun begitu, BPBD tetap siaga dan awas jika seandainya curah hujan kembali meningkat. " Kita tetap siaga dan awas, serta menyiapkan peralatan lainnya seperti perahu jika air tak kunjung surut dan memerlukan evakuasi warga," terangnya.

Pihaknya juga menjelaskan, bencana alam seperti longsor juga terjadi di Nagari pulasan dan Nagari Taratak Utara Kecamatan Tanjung Gadang dimana terpantau ada 14 titik longsor di lokasi tersebut.

" Kita telah menerjunkan personil BPBD ke lokasi serta melakukan pemantauan di beberapa titik lainnya yang dianggap rawan akan bencana alam," ulasnya.

Pihaknya juga kembali menghimbau kepada seluruh warga masyarakat yang tinggal di dekat bantaran sungai ataupun di areal perbukitan agar selalu waspada  dengan bencana yang setiap saat mengancam, mengingat situasi dan kondisi cuaca ekstrem saat ini. (h/ogi)


Reporter : OGI SUNANDAR /  Editor : Dodi


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM