Anda Berisiko Mengalami Hal Ini Jika Terlalu Lama di Dalam Ruangan


Selasa, 10 Desember 2019 - 13:38:54 WIB
Anda Berisiko Mengalami Hal Ini Jika Terlalu Lama di Dalam Ruangan ilustrasi bekerja dalam ruangan

HEALTH, HARIANHALUAN.COM -- Menghabiskan waktu di dalam ruangan, baik saat bekerja maupun mengisi hari libur, memang terkadang membuat kita lupa waktu hingga tidak sadar kita sudah lama terkurung. Hal ini sebenarnya dapat berdampak buruk pada kesehatan. Meluangkan waktu untuk pergi ke luar rumah membuat kita terpapar sinar matahari dan udara segar. 

Ini juga sangat penting untuk kesehatan kita, baik mental maupun fisik. "Paparan sinar matahari sangat penting karena dapat membantu dengan pengaturan jam sirkadian seseorang, memungkinkan tubuh untuk mensintesis vitamin D, dan juga membantu meningkatkan suasana hati seseorang," tutur Nesochi Okeke-Igbokwe, MD, MS, melansir Bustle.

Ketika Anda sudah terlalu lama berada di dalam ruangan, tubuh akan mengeluarkan tanda-tanda berikut.

Baca Juga : Wajib Tahu! Seburuk Apa Efek Minuman Soda pada Otak?

1. Suasana hati buruk
Kita membutuhkan sinar matahari untuk meningkatkan kadar serotonin, eurotransmitter yang meningkatkan mood. Tingkat serotonin yang rendah sering dikaitkan dengan perubahan suasana hati, dan kadang-kadang depresi. "Selain itu, ketika kita berada di dalam sepanjang hari, kita lebih cenderung menetap dan kurang bersosialisasi. Dan ini cenderung memiliki dampak negatif pada suasana hati kita," ungkap Psikiater Kesehatan IU, Dr. Danielle Henderson.

2. Kecemasan dan gelisah
Tetap berada di dalam rumah dapat membuat perasaan Anda menjadi lebih mudah marah atau cemas. "Kita menjadi lebih mudah marah daripada biasanya dan menjadi marah karena hal-hal yang tampaknya kecil," kata Henderson.

3. Masalah tidur
"Paparan cahaya penting bagi jam internal tubuh kita , atau ritme sirkadian," kata Henderson. Ritme sirkadian merespons rangsangan di lingkungan kita, sebagian besar cahaya dan kegelapan. Pada siang hari, sinyal dikirim dari otak ke bagian lain dari tubuh yang memungkinkan kita untuk tetap waspada dan terjaga. Sedangkan pada malam hari, otak kita melepaskan melatonin, yang membantu kita tidur.

4. Sistem kekebalan tubuh buruk
"Tubuh membutuhkan jumlah sinar matahari yang cukup untuk membuat vitamin D," kata Okeke-Igbokwe. Jika berada di dalam ruangan terlalu sering, Anda mungkin menjadi kekurangan vitamin D. Padahal, vitamin D adalah nutrisi utama dalam membantu membangun sistem kekebalan tubuh yang kuat. (*)

Editor : Agoes Embun | Sumber : HiMedik
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]