Sisa Tiga Pertandingan Liga 1 2019, Siapakah yang Bakal Turun Kasta?


Selasa, 10 Desember 2019 - 14:04:47 WIB
Sisa Tiga Pertandingan Liga 1 2019, Siapakah yang Bakal Turun Kasta? Kapten Semen Padang FC, Dedi Gusmawan tertegun usai timnya dikalahkan Bali United di kandang, pekan lalu.

BOLA, HARIANHALUAN.COM -- Kompetisi Liga 1 2019 tinggal menyisakan empat pertandingan lagi. Persaingan tim papan bawah semakin memanas untuk mempertahankan posisinya di kasta tertinggi sepak bola Indonesia. Ada tiga klub yang masih menghuni zona degradasi di klasemen sementara Liga 1 2019, yakni Badak Lampung (peringkat ke-16), Semen Padang FC (17) dan Kalteng Putra (18).

Badak Lampung sudah mengoleksi 33 poin usai kemenangan yang mereka raih dari Persija. Sedangkan, Kalteng Putra mengoleksi 30 poin karena kalah di laga pekan ke-31 lalu, sedangkan Semen Padang FC mampu naik satu peringkat dengan raihan 31 poin usai mengalahkan Barito Putra di kandangnya. 

Ketiga tim itu nyatanya masih berpeluang keluar dari zona merah Shopee Liga 1 2019. Namun, hitungannya sedikit sulit bagi Kalteng Putra dan Semen Padang FC. Sementara, Perseru BL FC masih ada peluang tipis berhasil memperdekat jarak dengan Persela dan Barito Putra yang berada di zona aman degradasi. 

Namun, apabila Semen Padang FC bisa menyelesaikan tiga pertandingan sisa dengan kemenangan penuh dan berharap agar tim yang berada di atasnya menelan kekalahan hingga pekan ke-34, bukan tidak mungkin tim Kabau Sirah bisa bertahan di Shopee Liga 1 2019. Tiga pertandingan sisa Semen Padang FC ini juga sedikit berat, dua laga adalah tandang dan satu laga kandang.

Apabila Kabau Sirah masih punya peluang keluar dari zona degradasi, maka Kalteng Putra dan Badak Lampung tentunya juga demikian. Keduanya bergantung pada hasil yang diraih Persela Lamongan, PSIS Semarang, Barito Putera bahkan Persija Jakarta dan Tira Persikabo.

Apabila empat tim tersebut menuai kekalahan beruntun di sisa kompetisi, lalu Badak Lampung, Kalteng Putra, dan Semen Padang meraih kemenangan, maka tiga tim yang menghuni zona degradasi bakal bertahan di Liga 1. Pada pekan ke-32 Liga 1 2019, Semen Padang FC dan Perseru BL FC sukses dapat tiga poin. Sial bagi Kalteng, mereka harus menderita kekalahan.

Sekedar informasi, Persija (posisi ke-12) dan Tira Persikabo (ke-11) sudah mengoleksi 38 poin. Jika mereka menelan kekalahan beruntun di sisa Liga 1 2019 ini dan enam tim di bawahnya selalu menang, maka posisinya bisa terancam. Sedangkan, di posisi ke-13, 14 dan 15, ada Barito Putera, PSIS dan Persela  yang sama-sama mengoleksi 37 poin.

Jika peringkat 11 (Persija) dan 12 (Persikabo) saja masih bisa terancam, maka posisi Barito Putera, PSIS, serta Persela masih belum aman jika ketiganya tak menorehkan kemenangan di sisa kompetisi. Sejumlah klub memang harus tampil konsisten agar bisa terhindar, setidaknya dalam empat pertandingan sisa Liga 1 2019 ini. Satu kesalahan pun bisa membuat terdegradasi ke Liga 2. (*)

loading...
 Sumber : dari berbagai sumber /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 15 Juni 2020 - 07:55:59 WIB

    Ramos: Laga Sisa Harus Petik 3 Angka

    Ramos: Laga Sisa Harus Petik 3 Angka HARIANHALUAN.COM - Kapten Real Madrid Sergio Ramos mengingatkan rekan-rekan satu timnya bahwa harus memenangi semua pertandingan tersisa musim 2019-2020 ini akan terus menekan pemimpin klasemen Barcelona..
  • Rabu, 28 September 2016 - 02:16:22 WIB

    Membidik Sisa Emas

    Membidik Sisa Emas BANDUNG, HALUAN — Kontingen Sumatera Barat berpeluang menambah medali emas pada hari Rabu (28/9) ini. Sejumlah cabor berhasil meloloskan atletnya ke babak final..
  • Kamis, 18 Agustus 2016 - 03:40:39 WIB

    Delapan Seri Tersisa, Marquez Tidak Harus Menang

    Delapan Seri Tersisa, Marquez Tidak Harus Menang Spanyol, Haluan — Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, berpeluang besar menjadi juara dunia MotoGP 2016. Saat ini, Marquez memimpin klasemen sementara dengan 181 poin. Rider asal Spanyol itu unggul 43 poin atas Jorge Lorenz.
  • Sabtu, 23 April 2016 - 04:20:02 WIB
    IBL 2016

    Empat Tim Berebut Tiga Tiket Play-off Tersisa

    Jakarta, Haluan — In­do­nesian Basketball League (IBL) musim 2015-2016 akan memasuki seri terakhirnya. Lima tim sudah memastikan tiket play-off, dengan empat tim lain akan bersaing mem­perebutkan tiga tiket sisa..

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]