Peringati Hari Bela Negara 2019, Forum Bela Negara Sumbar Akan Tapak Tilas PDRI di Solsel


Selasa, 10 Desember 2019 - 21:55:37 WIB
Peringati Hari Bela Negara 2019, Forum Bela Negara Sumbar Akan Tapak Tilas PDRI di Solsel Wakil Bupati Solsel H. Abdul Rahman dan rombongan meninjau persiapan lapangan Tapak Tilas Perjuangan PDRI, Selasa ini (10/12/2019). (foto Humas Solsel)

PADANG ARO, HARIANHALUAN.COM- Dalam rangka memperingati hari Bela Begara yang jatuh pada tanggal 19 Desember 2019 mendatang, Forum Bela Negara Sumbar akan mengadakan Tapak Tilas perjalanan perjuangan Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) di Kabupaten Solok Selatan (Solsel).

Hal itu diungkapkan Kepala KesbangPol Solsel Alifis, pada rapat persiapan acara tersebut di ruang kerja Wakil Bupati Solsel, Selasa (10/12).

Ia menyebutkan, Tapak Tilas perjuangan PDRI akan dilaksanakan pada tanggal 17 Desember 2019 dengan peserta berjumlah 400 orang. Perjalanan tapak tilas dimulai dari Kota Bukittinggi menuju Payakumbuh dan langsung menuju Solok Selatan dengan meninjau situs-situs sejarah PDRI.

Pada malam harinya, rombongan tapak tilas akan berkemah selama semalam dan diisi dengan berbagai macam rangkaian kegiatan, diantaranya pertunjukan seni randai, ekspos Ketua Forum Bela Negara Solsel, dilanjutkan arahan Ketua Forum Bela Negara Provinsi Sumbar, Sosialisasi bela negara dan wawasan kebangsaan serta ditutup dengan api unggun dan renungan suci.

Pada pagi harinya, rombongan akan tapak tilas situs-situs sejarah PDRI di Solsel diantaranya surau bulian dan rumah Jama. Selanjutnya rombongan menuju Bukit Sangka Puyuh untuk mengikuti upacara penutupan.

Wakil Bupati Solsel H. Abdul Rahman saat memimpin rapat tersebut menekankan agar kegiatan tapak tilas dipersiapkan dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. “Jalin komunikasi yang baik dengan nagari agar kegiatan ini berjalan dengan baik,” sebutnya.

Ia menambahkan, momentum tapak tilas PDRI ini adalah sebagai momentum menumbuhkan kesadaran kepada semua tentang hari bela negara, “Hari bela Negara bagi Solok Selatan bukan hanya momen seremonial, akan tetapi Solsel memiliki ikatan sejarah yang sangat kuat, karena kehadiran PDRI penyambung nyawa repbulik ini dan Solok Selatan punya andil didalamnya” ungkpanya.

Wabup Abdul Rahman berharap, acara tapak tilas tersebut bisa dikemas dengan baik, sehingga orang akan mengetahui kalau solok selatan mempunyai andil dalam memperjuangkan negara ini.

Seusai rapat di ruangan Wabup, panitia juga melaksanakan rapat teknis bersama pihak nagari Bidar Alam dan Padang Limau Sundai di Kantor Wali Nagari Bidar Alam, serta meninjau lokasi yang akan dijadikan tempat tapak tilas dan upacara bela negara. (dn/hms)


 Sumber : HumasSolsel /  Editor : Dodi


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM