Mendikbud Nadiem Umumkan Pengganti Ujian Nasional 2021


Rabu, 11 Desember 2019 - 11:18:16 WIB
Mendikbud Nadiem Umumkan Pengganti Ujian Nasional 2021 Nadiem Makarim

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Format seperti Ujian Nasional 2020 akan menjadi yang terakhir. Mendikbud Nadiem Makarim mengungkap program pengganti ujian nasional yang akan mulai berlaku di 2021.

"Untuk 2020, UN akan dilaksanakan sesuai seperti tahun sebelumnya. Jadi 2020, bagi banyak orang tua yang sudah investasi buat anaknya belajar mendapat angka terbaik di UN itu silakan lanjut untuk 2020. Tapi itu hari terakhir UN seperti format sekarang diselenggarakan," kata Nadiem.

Hal itu disampaikannya saat rapat koordinasi bersama Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (11/12/2019). Dia lalu mengungkap program penggantinya.

"Di tahun 2021, UN itu akan diganti menjadi asesmen kompetensi minimum dan survei karakter," sambungnya.

Nadiem mengatakan ada beberapa masalah pada format ujian nasional saat ini. Ujian nasional juga menjadi beban bagi siswa, guru, dan orang tua.

"Ini sudah jadi beban stres bagi banyak sekali siswa guru dan orang tua. Karena sebenarnya ini berubah menjadi indikator keberhasilan siswa sebagai individu. Padahal maksudnya ujian berstandar nasional adalah untuk mengakses sistem pendidikan, yaitu sekolahnya maupun geografinya maupun sistem penduduknya secara nasional," ungkap Nadiem.(*)


 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 25 November 2019 - 19:28:14 WIB

    Kepala SMKN 9 Padang: Pesan Mendikbud Sangat Menyentuh

    Kepala SMKN 9 Padang: Pesan Mendikbud Sangat Menyentuh PADANG, HARIANHALUAN.COM - Pada peringatan Hari Guru yang jatuh pada, Senin (25/11), SMKN 9 Padang tak lupa ikut menyemarakkan dan melakukan serangkaian kegiatan. Kepala SMKN 9 Padang, Ishakawi turut mengomentari edaran amana.
  • Ahad, 29 September 2019 - 00:23:45 WIB

    BREAKING NEWS: Mendikbud Terbitkan Edaran Cegah Siswa Berunjuk Rasa

    BREAKING NEWS: Mendikbud Terbitkan Edaran Cegah Siswa Berunjuk Rasa JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – Aksi siswa yang ikut unjuk rasa menjadi perhatian serius Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Mendikbud Muhadjir Effendy akhirnya menerbitkan Surat Edaran Nomor 9 Tahun 2019 tentang Pencegahan .
  • Ahad, 28 Juli 2019 - 20:31:59 WIB

    Padang Pariaman Terapkan Zonasi Sesuai Permendikbud

    Padang Pariaman Terapkan Zonasi Sesuai Permendikbud PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM- Padang Pariaman mampu melaksanakan penerimaan peserta didik baru dengan sistem zonasi yang benar-benar berdasarkan tempat tinggal. .
  • Kamis, 04 Juli 2019 - 08:14:11 WIB

    Sistem Zonasi PPDB, Kemendikbud Serahkan Kasus Pemalsuan SKD ke Pemda Setempat

    Sistem Zonasi PPDB, Kemendikbud Serahkan Kasus Pemalsuan SKD ke Pemda Setempat JAKARTA, HARIANHALUAN.COM- Kemendikbud menyerahkan penyelesaian pemerintah daerah setempat  kasus dugaan pemalsuan surat keterangan domisili (SKD) di sejumlah daerah seperti di Jawa Tengah, yang digunakan sebagai syarat pend.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM