BPBD Kota Solok Siapkan Tenaga Siaga untuk Antisipasi Bencana


Rabu, 11 Desember 2019 - 13:19:06 WIB
BPBD Kota Solok Siapkan Tenaga Siaga untuk Antisipasi Bencana Kondisi Batang Lembang yang rawan bencana di Kota Solok. (Alfian)

SOLOK, HARIANHALUAN.COM -- Menyikapi curah hujan yang tinggi sejak 15 hari terakhir ini, Badan Penanggulangan Bencana ( BPBD) Kota Solok menyiapkan tenaga yang disiagakan di posko kantor Balai Kota Solok. Tenaga itu siap diterjunkan jika ada bencana alam, baik banjir maupun tanah longsor yang menghambat aktifitas masyarakat.

Kepala BPBD Kota Solok, Kenfilka yang dihubungi harianhaluan.com, Rabu (11/12) mengatakan, sesuai letak geografis Kota Solok yang termasuk rawan bencana alam berupa banjir kiriman, perlu diwaspadai termasuk dari BPBD sendiri. Sebagai persiapan, tim reaksi cepat yang sudah terbentuk siaga selama 24 jam karena tak ada yang bisa memprediksi kapan bencana terjadi.

Baca Juga : Khairunas Inginkan RSUD Solok Selatan Berikan Inovasi Pelayanan dan Tingkatkan Kebersihan

"Dari 36 orang tim reaksi cepat bentukan BPBD dilakukan piket secara shift, satu shift terdiri dari 12 sampai 13 orang. Kota Solok yang dulunya dikenal rawan banjir kiriman, masih membuat warga khawatir. Jika curah hujan tinggi selama sepekan berturut- turut, masyarakat sudah was- was kemungkinan meluapnya Batang Lembang yang membelah Kota Solok,"katanya.

Namun, pasca dilakukannya normalisasi Batang Lembang dengan memotong alur sungai yang berbelok- belok membuat warga sedikit lega, kendati air sungai meluap, menyusutnya juga sangat cepat. Kendati demikian, tambah Kenfilka, BPBD Kota Solok tidak akan lengah, setiap saat timnya terus memantau aliran air dari hulu.

Baca Juga : Pemkab Solok Selatan Usulkan Arah Kebijakan pada Musrenbang RPJMD Sumbar

"Selain menyiapkan tenaga reaksi cepatnya, tim BPBD juga dilengkapi dengan perahu karet dan peralatan lainnya juga siagakan, fasilitas pendukung itu sudah turun gudang dan ditempatkan bersama tim di Posko," paparnya.

Berdasarkan pemetaan lokasi, ada tujuh kelurahan yang rawan bencana banjir, masing- masing Kelurahan IX Korong, Kelurahan KTK, Kelurahan Aro IV Korong, Kelurahan Tanah Garam, Kelurahan Simpang Rumbio dan Pasar Pandan Air Mati serta Kelurahan Laing. Menjadi langganan banjirnya Kota Solok karena memang sejumlah sungai yang ada di Kabupaten Solok bermuara ke Kota Solok. 

Dari enam sungai yang ada di Kabupaten Solok semuanya bermuara ke Kota Solok. Ke-6 sungai itu yakni, Batang Gawan, Batang Manunggang, Batang Sumani, Anau Kadok dari Miaro Paneh dan Kubang Nan Duo. Semua sungai itu bermuara ke Batang Lembang yang membelah Kota Solok, jika semua sungai itu meluap jelas tidak tertampung oleh Batang Lembang, makanya agar sungai meluap dan menggenai pemukiman warga di Kota Solok. (*)

Reporter : Alfian | Editor : Agoes Embun
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]