Cegah Banjir, 1.300 Batang Bambu Ditanam di Sungai Batang Ganigi Simpati


Rabu, 11 Desember 2019 - 15:24:37 WIB
Cegah Banjir, 1.300 Batang Bambu Ditanam di Sungai Batang Ganigi Simpati Salah seorang pemuka masyarakat menyiram pohon bambu yang baru saja ditanam oleh Wabup Atos Pratama.

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Sekitar 1.300 batang bambu ditanam di sepanjang aliran sungai Batang Ganigi, Nagari Simpang, Kecamatan Simpati, Kabupaten Pasaman. Penanaman bambu itu untuk mencegah longsor dan menahan banjir. 

Penanaman ribuan batang bambu ini dilakukan oleh Wakil Bupati Pasaman, Atos Pratama bersama unsur Forkopimda dan sejumlah Kepala OPD. Selain mencegah terjadinya banjir dan longsor, tujuannya juga untuk memperkuat struktur tanah. 

Wakil Bupati Pasaman, Atos Pratama mengatakan, penanaman pohon bambu itu juga bertujuan untuk menjaga pasokan sumber air. Selain itu, untuk mencegah banjir dan tanah longsor. 

"Kegiatan  ini  upaya kita menjaga kelestarian lingkungan. Ini bentuk kepedulian kita mencegah  terjadinya bencana alam longsor dan banjir," ujar Atos Pratama, Rabu. 

Menurutnya, pencegahan ini sangat perlu dilakukan mengingat jika terjadi longsor dan banjir akan sangat mengganggu aktivitas masyarakat. Selain itu, bencana alam juga mengakibatkan kerugian materil. 

"Dan tentunya juga agar menambah rasa sejuk. Mudah-mudahan ada program yang berkelanjutan bagi penanggulangan bencana agar kegiatan ini bisa terus dirasakan manfaatnya," pungkasnya.

Ia menambahkan, kegiatan penanaman ini adalah momentum yang pas, karena wilayah itu sedang dilanda banjir disejumlah lokasi. Itu disebabkan luapan air sungai usai diguyur hujan lebat.

"Paslah ini. Makanya, ayo kita menanam pohon untuk menjaga alam tetap lestari hingga ke anak cucu kita nantinya," imbuh Wabup Atos. (h/yud)

Reporter : Yudi Lubis /  Editor : Heldi


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM