Duh! Tempat Ibadah Umat Hindu di Bromo Jawa Timur Dirusak Orang Tak Dikenal


Kamis, 12 Desember 2019 - 10:01:58 WIB
Duh! Tempat Ibadah Umat Hindu di Bromo Jawa Timur Dirusak Orang Tak Dikenal Padmasana tempat persembahyangan umat Hindu yang dirusak. (Foto: Muhajir Arifin-Detik.com)

SURABAYA,HARIANHALUAN.COM-- Tempat persembahyangan umat Hindu Lereng Gunung Bromo, Pasuruan Jawa Timur, dirusak orang tak dikenal. Masyarakat adat sepakat segera mendirikannya kembali.

Pembangunan tempat ibadah di Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan itu dinilai sangat mendesak karena untuk beribadah.

"Masyarakat adat sudah sepakat mendirikan kembali agar segera bisa dibuat beribadah. Ini kebutuhan mendesak untuk ritual, untuk ibadah," kata Kades Wonokitri, Kabupaten Pasuruan, Jatim, Iksan, Kamis (12/12/2019).

Baca Juga : Wajib Tahu! Seburuk Apa Efek Minuman Soda pada Otak?

Iksan mengatakan tempat sembahyang dan menaruh sesajen (padmasana) yang dirusak total berjumlah empat, tiga di bagian atas goa dan satu di bawah. Warga akan mendirikan lagi empat padmasana baru di lokasi. Sementara padmasana yang rusak sementara dibiarkan.


"Kalau renovasi yang rusak akan butuh waktu lama. Masyarakat memutuskan beli dari Bali dan segera kita dirikan yang penting bisa segera dipakai ibadah. Itu belinya dalam bentuk paket yang bisa dipreteli sekitar empat bagian. Kita beli lalu kita dirikan lagi," terangnya.

Iksan mengaku sudah membentuk panitia pendirian kembali tempat sembahyang yang rusak. Anggaran akan dikumpulkan dari masyarakat secara swadaya.

Diberitakan sebelumnya, tempat persembahyangan di kawasan Goa Widodaren lereng Gunung Bromo mengalami kerusakan. Rusaknya bangunan diketahui Sabtu (7/12) sekitar pukul 13.00 WIB, saat ada umat hendak melakukan persembahyangan. Polisi tengah menyelidiki kasus perusakan ini. (dtc)

Editor : dodi | Sumber : Detikcom
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]